Edisi 17-07-2017
MPV Mitsubishi Siap Penuhi Ekspektasi


KORANSINDO mendapatkan kesempatan istimewa mencoba langsung Crossover MPV Mitsubishi yang akan dipasarkan di Indonesia dalam waktu dekat ini? Apakah mobil ini sesuai ekspektasi yang muncul belakangan ini? Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di pasar Indonesia mengundang KORAN SINDO untuk mendatangi fasilitas Riset dan Teknologi Mitsubishi di Okazaki, Prefektur Aichi, Jepang.

Tujuannya membuka selubung Mitsubishi XM Concept yang sudah siap produksi massal. Di Okazaki, KORAN SINDO diminta melihat langsung mobil ini tanpa kamuflase dan mengendarainya di dua lokasi pengujian sesuai kondisi jalan di Indonesia.

Jujur saja, masyarakat begitu tertarik dengan mobil ini karena adanya tendensi mobil ini akan sangat mirip dengan versi konsepnya. Benarkah? Jawabannya sedikit terungkap saat Tsunehiro Kunimoto, Corporate Vice President Directr General Manager Design Division Mitsubishi Motor Corp (MMC), menampilkan gambar mobil tersebut dalam sebuah slide presentasi.

Dynamic shield yang biasa Anda nikmati di All New Mitsubishi Pajero Sport kini hadir dalam sebuah mobil yang begitu menggoda, crossover MPV. Bisa dibilang bagian mobil ini yang paling mirip XM Concept adalah bagian depan. Mitsubishi hanya melakukan perubahan minor di bagian ini agar mobil terlihat lebih nyata ketimbang sebuah purwarupa.

Mengingat bentuk depannya yang sangat mirip dengan XM Concept, penataan lampu mobil ini tergolong unik. Deretan lampu kecil yang menyatu dengan dynamic shield bukanlah lampu utama, alihalih sebuah daytime running light (DRL). Lampu utama justru terletak di bagian bawah seperti halnya di XM Concept.

Bagian depan menjadi menarik karena hadirnya skid plate yang biasa ditemukan di mobil SUV. Di bagian ini juga dipasang lampu kabut. Bagian belakang juga hadir dengan interpretasi yang lebih nyata. Tsunehiro Kunimoto mengatakan, mobil ini memiliki dimensi terbaik di kelasnya. Untuk membandingkan, dimensi panjang kompetitor mobil ini mencapai 4.390 mm (Honda Mobilio), 4.140 mm (Toyota Avanza) dan 4.265 mm (Suzuki Ertiga).

Ground clearance juga terbaik di kelasnya. “Jika menggunakan ban berukuran 16 inci akan menjadi yang terbaik di kelasnya,” ucapnya. Sekadar perbandingan, Honda Mobilio mencatat ground clearance 189 mm dan Suzuki Ertiga 185 mm. Ground clearance ini hanya disaingi Toyota Avanza yang juga mencapai 200 mm.

Lalu, soal kabin, Anda tentu tidak akan mengharapkan kabin XM Concept yang superfuturistik itu. Mitsubishi justru dengan cerdas mengaplikasikan bahasa desain horizontal axis di kabin mobil. Jangan kaget, multiinformation display (MID) mengingatkan kita pada MID yang ada di Mitsubishi Outlander Sport. Konsol tengah sangat menarik karena dibuat seperti menjadi satu.

Yang patut diacungi jempol adalah pemilihan warna kabin yang memadukan unsur kayu, warna soft dan piano black . Memang tidak ada baris ketiga low MPV di Indonesia yang memuaskan. Hanya, mobil ini bisa mengakali ruangan di baris ketiga lebih lega karena jok di baris kedua bisa maju-mundur. Sisi praktikalitas mobil ini juga terlihat dari bagasinya yang sangat baik.

Mitsubishi memang masih merahasiakan daya tampungnya. Yang menarik, jok baris ketiga bisa rata dengan lantai jika ruangan bagasi dianggap kurang besar. Terakhir, KORAN SINDO mencoba mobil ini dengan dua trek yang berbeda. Jalan mulus dan light off-road layaknya jalan-jalan di Indonesia. Mesin yang masih dirahasiakan tersebut begitu menggoda.

Mobil dengan transmisi otomatis ini cukup baik dalam mencapai kecepatan 100 km/jam. Begitu masuk ke medan berat, satu hal yang patut diapresiasi adalah stabilitas. Mobil ini sama sekali tidak menunjukkan gejala limbung yang sangat kuat.

Bahkan, ketika melewati jalan bergelombang dengan kecepatan tinggi tidak membuat badan terpental-pental di dalam mobil. “Satu lagi, presisi setirnya benar-benar sangat baik, mengingatkan saya pada Pajero Sport,” kata Rifat Sungkar, pembalap nasional yang menemani KORAN SINDO . MMKSI menyiapkan kejutan buat Anda tanggal 24 Juli.

WAHYU SIBARANI

Laporan Wartawan KORAN SINDO

OKAZAKI, JEPANG