Edisi 12-08-2017
Pubertas Jangan Diambil Pusing


“Kalau cowok mah enggak terlalu dipikirin. Paling cuma menjaga penampilan, bergaul dengan banyak orang, dan rajin mandi itu penting sih. Sama olahraga. Mulai membiasakan untuk hidup sehat dan teratur aja. Boys will be boys. Jangan diambil pusing hahaha.”

Abduh Muhammad Fatih

Fakultas Vokasi Teknik Mesin Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

“Sebenarnya memulai merawat diri sih agak susah. Biasanya makin bertambahnya umur sudah mulai malu dan tertarik untuk merawat diri. Nah, mulailah hidup sehat dari sekarang karena tubuh merupakan bagian yang paling sangat terlihat. Kalau memang sudah berhasil melakukan pola hidup sehat, seiringnya waktu pasti mulai merawat hal lainnya.”

Desy Tjan

Fakultas Ekonomi, Universitas Bina Nusantara

“So simple , saya sendiri berawal dari olahraga teratur dan mengatur pola makan tanpa mengurangi porsi makan. Pada dasarnya mengatur sebaik mungkin antara kalori yang masuk dan keluar di dalam tubuh. Selain itu bisa memakai pembersih wajah yang cocok seusai beraktivitas. Hal-hal tadi tidak sekadar membuat good looking , juga baik buat kesehatan.”

Fikri Firdaus

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Padjadjaran

“Banyak yang bingung melihat saya yang sekarang. Dulunya kurus kecil, namun sekarang sudah berbeda. Bagi yang sedang mendekati masa pubertas atau sedang mengalami masa ini, sehatkan tumbuh kembangnya dengan berolahraga dan makanan yang mengandung nutrisi penting juga seimbang. Jangan lupa juga makan buah dan sayur karena keduanya memberikan asupan energi yang dibutuhkan untuk tumbuh bagi remaja.”

Dicky Martin Raharjo

Akademi Pariwisata Genting Star

“Dulu aku sempat gendut, tapi semenjak puber jadi mau kurusan tapi yang gak kurus-kurus amat juga. Nah, waktu itu cara aku buat nurunin berat badan adalah dengan rutin berolahraga jalan santai dan puasa. Setelah puasa sekitar sebulanan, berat badanku turun sekitar 8-10 kg. Terasa lebih ringan ketika diajak jalan jauh. Alhamdulillah, aku yang dulunya gendut dan tidak terawat itu sekarang punya berat badan yang gak over weight, gak terlalu kurus, serta penampilan yang lebih bagus dari sebelumnya.”

Onil Nazra Persada

Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Al Azhar

MUHAMMAD AWALDI RAHMAN

GEN SINDO

Universitas Padjadjaran