Edisi 12-08-2017
Gelombang I Berakhir, Gelombang II Dimulai


MADINAH– Sabtu ini (12/8) adalah hari terakhir fase kedatangan jamaah haji Indonesia ke Arab Saudi melalui Bandara Amir Mohammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

Di hari yang sama, jamaah haji gelombang kedua melalui Bandara King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah juga sudah mulai berdatangan. Sejak kedatangan jamaah haji hari pertama pada Jumat (28/7) lalu, telah tiba di Madinah sebanyak 96.421 jamaah haji asal Indonesia, termasuk didalamnya petugas haji (TPHI, TPIHI, dan TKHI) sebanyak 1.185 orang.

Kalau dipersentasekan kedatangan jemaah haji di Arab Saudi telah mencapai 47% dari total 204.000 kuota haji 2017. Untuk kelompok terbangnya, hingga hari ini sebanyak 237 dari 249 kloter yang dijadwalkan tiba melalui Bandara AMAA. Kedatangan seluruhnya kemarin sampai pukul 24.00 waktu Arab Saudi (WAS) sebanyak 16 kloter.

Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Daerah Kerja (Daker) Bandara menyebutkan, enam kloter terakhir yang akan mendarat hari ini di Bandara AMAA Madinah adalah Kloter 18 Embarkasi Makassar (UPG 18), Kloter 9 Embarkasi Banjarmasin (BDJ 09), Kloter 13 Embarkasi Batam (BTH 13), Kloter 47 Embarkasi Solo (SOC 47), Kloter 29 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 29), dan Kloter 8 Embarkasi Palembang (PLM 08).

”Kedatangan jamaah haji di Arab Saudi sampai hari ini (kemarin) sudah mencapai 47% dari total 204.000 kuota haji tahun ini,” ujar Kepala Daker Bandara Arsyad Hidayat kemarin. Berakhirnya fase kedatangan gelombang pertama sekaligus menandai dimulainya fase kedatangan gelombang kedua.

Ada 16 kloter yang dijadwalkan terbang mulai besok dari Tanah Air dan akan mendarat di Bandara KAAIA Jeddah.

Enam kloter yang mengawali kedatangan di Jeddah ialah Kloter 44-46 Embarkasi Surabaya (SUB 44, SUB 45, dan SUB 46); Kloter 48-51 Embarkasi Solo (SOC 48, SOC 49, SOC 50, dan SOC51); Kloter48-51Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 48, JKS 49, JKS 50, dan JKS 51); Kloter 9 Embarkasi Palembang (PLM 09); Kloter 15 Embarkasi Medan (MES 15); Kloter 1 Embarkasi Lombok (LOP 01); dan Kloter 14 Embarkasi Padang (PDG 14).

Mengenai pemberangkatan jamaah dari Madinah menuju Mekkah pasca-arbain, data Daker Madinah mencatat ada 77 kloter sejak keberangkatan hari pertama. Sepanjang Kamis (10/8) diberangkatkan 15 kloter dengan jumlah jamaah 6.061 orang. Jadi total jamaah haji yang sudah tiba di Mekkah sebanyak 31.116 orang.

Angka ini sesuai dengan laporan yang disampaikan Daker Madinah, Kamis (10/8) malam. Sehubungan dengan penerimaan jamaah di Jeddah, Arsyad Hidayat mengatakan, separuh kekuatan tim bandara mulai bergerak ke Jeddah, kemarin. ”Untuk persiapan penerimaan jamaah awal gelombang kedua di Bandara King Abdul Aziz Jeddah yang tiba besok (hari ini) pukul 08.45 WAS.

Separuh kekuatan lain akan bergerak dari Madinah hari ini (Sabtu) karena masih melayani kedatangan di Bandara Madinah sampai besok pagi (hari ini),” paparnya di Madinah kemarin. Kepala Daker Mekkah Nasrullah Jasam mengatakan, petugas haji akan memantau efektivitas imbauan mandi ihram sejak di embarkasi masing-masing.

Sesuai dengan edaran yang dikeluarkan Kementerian Haji Arab Saudi, mereka meminta jamaah Indonesia tidak mandi ihram di bandara. Imbauan tersebut dikeluarkan guna mengurangi tumpukan jamaah haji di bandara dan mengurangiantreanpanjang. Terpisah, Kepala Daker Madinah Amin Handoyo meminta petugas haji yang ada di kloter untuk paham tentang aturan mengenai paspor.

Permintaan ini guna mencegah masalah keimigrasian di kemudian hari. ”Paspor jamaah diserahkan ke muasasah, tapi paspor petugas dipegang sendiri oleh petugas. Jangan sampai ada masalah ketika terjadi perpindahan dari Madinah ke Mekkah atau sebaliknya,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, akibat paspor petugas diserahkan ke muasasah, maka banyak petugas haji yang melekat di kloter tidak bisadiberangkatkandari Madinah ke Mekkah mengikuti jamaah hajinya. ”Paspornya harusdicari ke muasasah. Ini yang merepotkan, membutuhkan waktu. Terlambat saja, petugas ditinggal bus jamaahnya.

PPIH harus mencarikan kloter lain untuk dibarengkan berangkatnya,” sesal Amin. Sementara itu seorang jamaah haji perempuan asal Kloter 8 Embarkasi Makassar (UPG 08) kritis akibat tertabrak mobil saat menyeberang jalan menuju Masjid Nabawi Madinah kemarin sekitar pukul 04.00 WAS.

”Korban langsung dirujuk ke Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS). Kondisi kritis karena mengalami luka di kepala,” ungkap Kepala Seksi Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Madinah Edy Supriyatna.

MUHAMMAD IQBAL MARSYAF

Laporan Wartawan KORAN SINDO & SINDOnews.com

MADINAH