Edisi 12-08-2017
OK OCE Stock Center Gencarkan Edukasi


JAKARTA – Gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta terpilih periode 2017-2020 mendorong pengusaha muda untuk berinvestasi di pasar modal melalui wadah OK OCE Stock Centre.

Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno mengatakan, saat ini jumlah investor local dipasar modal telah mencapai angka 52% dari sebelumnya hanya 30%. Untuk meningkatkan jumlah tersebut dibutuhkan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat khususnya para pengusaha muda.

”Kalau mau naik kelas pastikan pengusaha muda mulai merangkul pasar modal, dengan pelan-pelanberkembang dari sisi omzet, mereka juga bisa mencapai kesejahteraan dan menciptakan lapangan kerja,” kata Sandiaga di Jakarta kemarin. Salah satu upaya untuk mengedukasi pengusaha muda agar mau berinvestasi di pasar modal adalah melalui kegiatan Training of Trainers OK OCE Stock Center.

Pelatihan ini diikuti puluhan perwakilan masyarakat yang berasal dari 44 kecamatan di DKI Jakarta. Mereka akan diberi edukasi dan sosialisasi terkait kiat sukses berinvestasi di pasar modal. Para peserta juga dilatih agar bisa berkelanjutan untuk terus menyosialisasikan kepada masyarakat luas di masingmasing kecamatan.

”Ini bisa terus menyebardan membuka pelatihan kepada 25.000 pelaku usaha muda dan baru. Kami harapkan kegiatan ini bisa menjadi first entry anak muda untuk meningkatkan pasar modal,” ujar pria yang akrab disapa Sandy itu. Selain menggandeng pengusaha muda, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dibawah kepemimpinan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akan mendorong badan usaha milik daerah (BUMD) agar bisa menjadi perusahaan publik melalui penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI).

”Kami punya 25 BUMD yang ada di Pemprov DKI Jakarta. Saya akan dorong teman-teman di BUMD untuk bisa mengakses ke pasar modal melalui penawaran saham di BEI,” ucapnya. Co Founder OK OCE Stock Center Hendri Setiadi menambahkan, kegiatan Training of Trainers ini merupakan salah satu wadah edukasi bagi masyarakat Jakarta untuk bisa mengusai ilmu pasar modal dan bisa mempraktikkan secara langsung.

”Masyarakat Jakarta diharapkan dapat terbentuk menjadi investor yang cermat dalam menangkap peluang dan meraih keuntungan sehingga bisa meningkatkan perekonomiannya,” ujar Hendri. Diamengungkapkan, OK OCE Stock Center juga menyediakan daftar 30 saham pilihan terbaik yang tergabung dalam Indeks OK- 30.

Saham-saham tersebut dapat dibeli oleh investor yang sudah melalui seleksi ketat tim riset OK OCE Stock Center. Melalui OK OCE Stock Center, pihaknya mendekatkan bursa efek kepada masyarakat melalui program edukasi di 44 kecamatan, sekolah, kampus, dan tempat lain. Dengan kegiatan tersebut, program OK OCE Stock Center bisa terus meluas, tidak hanya di wilayah Jakarta tapi juga ke seluruh Indonesia.

Di tempat yang sama, Direktur Utama MNC Securities Susy Meilina menjelaskan, perseroan bersama BEI dan OK OCE Stock Center berupaya mengubah paradigma masyarakat yang menilai investasi di pasar modal mahal dan sulit. Dengan edukasi ini, diharapkan pemahaman tentang mudah dan murahnya berinvestasi di pasar modal makin meluas.

”Kita akan adakan secara rutin, kami juga akan datang ke kecamatan, ke tempat masyarakat berkumpul, dalam beberapa bulan juga digelar event gabungan dengan skala yang lebih besar,” pungkasnya.

heru febrianto