Edisi 12-08-2017
Mampu Tanpa Coutinho?


WATFORD– Liverpool bisa belajar tanpa Philippe Coutinho saat memulai perjuangannya pada Liga Primer musim ini di Vicarage Road, markas Watford, malam ini.

The Reds bisa mengalihkan harapan kepada rekrutan baru Mohamed Salah. Masa depan Coutinho terus jadi perbincangan. Kabarnya, Rabu (9/8), Liverpool menolak proposal kedua Barcelona bernilai 90,4 juta poundsterling (Rp1,56 triliun) untuk memindahkan gelandang asal Brasil itu ke Camp Nou.

Meski sudah dua kali ditolak, konon klub Katalan itu tak akan menyerah karena mereka butuh servis Coutinho sebagai pengganti Neymar Junior yang “di bajak” Paris Saint-Germain (PSG) dengan harga 222 juta euro (Rp3,4 triliun). Bahkan, Barcelona dikabarkan siap membayar 110 juta poundsterling (Rp1,9 triliun) demi membujuk Liverpool melepaskan salah satu asetnya itu.

Namun, Pelatih Liverpool Juergen Klopp kembali menegaskan tak akan menjual sang playmaker dengan harga berapa pun. “Dari sudut pandang keuangan, tidak ada batasan harga untuk membiarkan dia (Coutinho) pergi. Tidak ada harga di mana kita siap untuk menyerah.

Tujuan kami adalah memiliki tim terbaik, jadi kami ingin menjaga orang-orang kami dan menambahkan yang baru. Itu adalah rencana kami,” tandas Klopp, dikutip Sky Sports . Musim lalu peran Coutinho sangat luar biasa dengan menyumbang 13 gol dan 7 assists dari 31 penampilannya di Liga Primer yang membantu The Reds finis di peringkat 4 dan berhak tampil dalam play-off Liga Champions musim ini.

“Hari ini tak ada pemain di planet ini yang tak tersentuh. Tapi transfer juga merupakan masalah waktu dan Anda memiliki kesempatan dan kebutuhan untuk bereaksi terhadap transfer semacam itu,” ucap nakhoda asal Jerman itu. Jelas, spekulasi ini sedikit banyaknya akan mengganggu konsentrasi Liverpool jelang memulai kampanye mereka musim ini.

Malam ini klub Merseyside itu akan sowan ke kandang Watford pada Liga Primer sebelum terbang ke Hoffenheim melakoni leg pertama playoff Liga Champions, Selasa (15/8). Namun, Klopp kembali menegaskan dia tak memusingkan soal tawaran Barcelona. “Anda juga harus bertanya, apakah Anda punya waktu untuk bereaksi.

Tapi, hanya karena satu permintaan dari satu klub, kami tidak perlu memikirkan soal itu. Kami tidak berada dalam situasi itu,” tuturnya. Yang pasti, saat ini Klopp masih belum bisa berharap kepada Coutinho. Kondisinya masih diragukan karena diganggu cedera punggung. Situasi ini bisa jadi kesempatan dia mengukur kalau seandainya armadanya kehilangan figur yang satu itu.

Terlebih, Klopp punya Salah, rekrut an baru yang bisa diandalkan. Pemain yang diboyong dari AS Roma dengan banderol 37,8 juta poundsterling (Rp655,3 miliar) itu tampak sangat menjanjikan dengan menyumbang empat gol dari 6 laga pramusim bersama The Reds .

“Setiap orang berpikir soal kualifikasi Liga Champions, tapi laga kontra Watford menjadi target pertama kami. Kami dalam kondisi bagus. Para pemain dalam suasana hati yang baik, perilaku di sesi latihan juga sempurna,” papar Klopp.

Di pihak lain, Watford diperkirakan memberikan debut untuk beberapa rekrutan anyar mereka, termasuk Andre Gray, rekor pembelian 18,5 juta poundsterling, dan striker Brasil Richarlison. “Target utama kami terus ber tahan di Liga Primer, tapi kami ingin melakukannya lebih baik ke tim bang dua musim terakhir,” kata Pelatih Watford Marcos Silva, dilansir BBC Sports .

abdul haris