Edisi 12-08-2017
Dari Dubai


Perempuan 33 tahun ini didaulat Forbes sebagai bintang paling berpengaruh nomor 3 di dunia kecantikan. Di Instagram, dia menjadi influencer terkaya dengan bayaran USD18.000 atau Rp240 juta per satu kali posting.

Hanya butuh waktu sekitar dua detik untuk menonton Huda Kattan di YouTube dan memahami daya tariknya yang luar biasa. Kehadiran perempuan yang orang tuanya berasal dari Irak ini di berbagai video panduannya terlihat sangat menggemaskan.

Dia tertawa, kadang membuat kesalahan saat menerapkan kosmetik, berbicara tentang kekurangannya, sambil terus berdiskusi tentang warna-warna kosmetik. Huda adalah bintang lintas budaya, lintas platform. Di akun Instagram-nya @hudabeauty, dia telah memiliki 21 juta pengikut.

Dia menjadi fenomena media sosial saat menciptakan blog Huda Beauty tahun 2010, yang menjadi blog nomor wahid di Timur Tengah dan 20 blog kecantikan paling populer di seluruh dunia. Dia mengeposkan konten videonya ke saluran YouTube miliknya sendiri.

Puncaknya, ketika dia membuat akun Instagram @hudabeauty tahun 2012 yang dengan cepat memperoleh 20.000 pengikut pertamanya. Huda lahir di Oklahoma City, Oklahoma, Amerika Serikat (AS). Sebelum kelahirannya, orang tuanya, Ibrahim Kattan dan Susu Al Qazzaz menjadi imigran ke Amerika Serikat.

Sang ibu diketahui berasal dari keluarga kaya raya di Baghdad. Dua tahun kemudian mereka pindah ke Cookeville, Tennessee. Dia menjadi anak ketiga dari empat bersaudara, yakni Alya, Mona, dan Khalid. Tumbuh dengan dua saudara perempuan, Huda terpapar dengan tren kecantikan dan mode.

Ketiganya kerap mencoba hacks atau tips unik kecantikan buatan sendiri (DIY) dan saling memberi kosmetik satu sama lain. Meski Huda sangat menyukai kecantikan dan mode sejak usia muda, dia lebih memilih belajar keuangan di Universitas Michigan-Dearborn. Pascawisuda, dia bekerja di bidang keuangan.

Namun, seiring waktu, Huda merasa bosan dengan bidang keuangan dan atas saran kakaknya, Alya, dia berubah haluan menjadi seorang seniman tata rias (make-up artist). Keputusan ini jauh dari harapan keluarganya yang menginginkan dia memiliki kehidupan yang lebih stabil untuknya.

Sempat bertahuntahun tak membuat penghasilan yang berarti, Huda akhirnya sukses menjadi blogger, vlogger, dan kini pengusaha bisnis kecantikan Huda Beauty, hanya dalam waktu lima tahun.

Bulu Mata Favorit Kardashian dan J-Lo

Perusahaan dan produk kecantikan Huda Beauty yang dibangun tahun 2010 langsung mendapat perhatian dunia saat Huda membuat produk kecantikan pertamanya, yaitu bulu mata palsu cetar yang memikat penggila kecantikan, termasuk bintang reality show Kim Kardashian dan penyanyi Jennifer Lopez (J-Lo).

Bulu mata ini bahkan sampai dijual di Sephora, sebuah gerai produk kecantikan terkenal dunia. “Dia akan menciptakan bulu mata ajaib ini. Dia menghabiskan banyak waktu untuk memakai maskara, memisahkan bulu mata. Ketika melihatnya, saya seperti melihat seni,” kenang Alya, kakak tertua Huda.

Berkat produk ini, Huda dan produk-produknya pun menjadi “pelarian” para penggila kecantikan di Timur Tengah dan Amerika Serikat. Huda akhirnya pindah ke Dubai dan mendirikan kantornya di sana. Waktu itu, sebagai awal, Huda dan para saudarinya menjual beberapa ribu pasang bulu mata buatan tangan ke Sephora Dubai.

Alya melakukan investasi awal sebesar USD6.500 (Rp86 juta). Kemudian mereka mulai melakukan sesi merias wajah secara langsung dan sebanyak mungkin klien untuk mengumpulkan uang lebih banyak. Penampilan fisik Huda yang kerap disamakan dengan Kim Kardashian, yaitu tubuh molek padat berisi dengan pinggul lebar, juga membuatnya makin tenar di industri kecantikan.

Kehadiran dirinya secara daring tidak hanya membuat dia semakin diperhatikan, juga menciptakan basis pelanggan yang kuat. “Ini memungkinkan dia membangun loyalitas merek di seluruh dunia, yang merupakan bukti nyata bagi perusahaannya,” sebut Artemis Patrick, Wakil Presiden Senior Merchandising Sephora.

susi susanti