Edisi 12-08-2017
Kental Karakter Balap


DNA balap Honda mengalir deras dalam Honda Civic Type R yang dipamerkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

Tak lama lagi sports car ini akan menjelajahi jalanan di Indonesia. Seperti apa? “I f Honda does not race, there is no Honda ,” demikian diungkap pendiri Honda, Soichiro Honda. Ini menegaskan bahwa DNA balap memang sejak dulu sudah mengalir di tubuh pabrikan berlogo “H” tersebut. DNA balap itu yang tahun ini ditegaskan pada ajang GIIAS 2017. Tepatnya, dengan kehadiran Honda Civic Type R.

Sejak 4 tahun lalu Honda memang mendulang sukses besar di Indonesia lewat volume maker, seperti LCGC, MPV, Low MPV, dan low SUV. Nah, pada 2017 ini Honda seolah menegaskan ke pasar Indonesia bahwa mereka juga memiliki mobil sports car yang tidak hanya sedap dipandang, tapi juga cepat dan nyaman dikendarai (fun to drive ) yang sejak dulu sudah menjadi benang merah semua produk Honda.

Peluncuran Civic Type R pada Kamis (10/8) dalam ajang GIIAS 2017 dilakukan langsung oleh sejumlah eksekutif papan atas Honda.

Antara lain Shinji Aoyama, Chief Officer, Regional Operations (Asia & Oceania), Honda Motor Company; Takehiro Watanabe, President Director PT Honda Prospect Motor; serta Hideki Kakinuma, Chief Engineer and Assistant Large Project Leader of Honda Civic Type R, Honda R&D. Civic Type R merupakan wujud dari pencapaian terbaik Honda dalam sebuah mobil penumpang.

Selama lebih dari dua dekade (berusia 25 tahun), logo Type R telah melekat pada modelmodel Honda dengan performa maksimal yang terinspirasi dari mobil balap. “Desain aerodinamika Civic Type R terbaru ini terinspirasi dari ajang World Touring Car Championship (WTCC) yang diikuti Honda.

Uji cobanya dilakukan di wind tunnel di Sakura Facility yang digunakan juga untuk menguji mobil F1,” ungkap Hideki Kakinuma, Chief Engineer and Assistant Large Project Leader of Honda Civic Type R, Honda R&D. Konsep Type R memang membuat mobil “standar” memiliki kemampuan layaknya sebuah mobil balap.

Antara lain dengan cara meminimalkan bobot, memaksimalkan tenaga, responsif, stabilitas dinamis, dan performa pengereman yang bertujuan untuk memberikan pengalaman berkendara yang paling memuaskan, baik di jalan maupun di lintasan balap.

“Civic Type R 2017 memiliki desain yang sama sekali baru dibanding sebelumnya, yang tidak berubah hanya basic frame ,” ungkap Hideki yang mengaku banyak mendapat komentar bahwa desain model baru ini mirip, seperti Gundam, mecha/robot yang ada di manga Jepang. Ini terlihat dari gaya agresif desain eksterior dan aero kit yang kental nuansa racing .
Front grille agresif memang jadi ciri khas Honda, dilengkapi Full LED Headlights dan LED Fog Light. Alloy Wheel Racing 20 inci dan Type R Triple Exhaust with Finisher melengkapi tampilannya sebagai sebuah sports car sejati. Kesan mengendarai sebuah mobil balap juga hadir pada interior dengan kombinasi warna merah dan hitam, bangku racing berbahan suede , hingga roda kemudi berbalut kulit.

danang arradian