Edisi 13-08-2017
Sensasi Menapaki Negeri di Atas Awan


”Kau mainkan untukku, sebuah lagu, tentang negeri di awan. Di mana kedamaian, menjadi istananya, dan kini tengah kau bawa aku menuju ke sana.”

Petikan lagu Katon Bagaskara yang populer di era 1990-an itu kembali mengalun di benak. Kenangan akan tembang itu bersemi saat langkah kaki mengayun di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Pesona Dieng Plateu memang tiada habisnya untuk dikagumi.

Tak terkecuali oleh Brian dan peserta perjalanan wisata bersama MNC Travel lainnya yang mengikuti rangkaian Dieng Culture Festival (DCF) 2017pada Jumat hingga Minggu lalu (4–6/8). ”Tur kali ini seru banget. Yang paling bikin saya berkesan pas lepasin lampion secara serentak. Wah, keren banget,” tutur Brian bersemangat.

DCF merupakan festival tahunan yang digelar setiap awal Agustus di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Berbagai rangkaian acara yang dibalut dengan udara dingin Dieng pun selalu memanjakan para pengunjung, mulai dari Jazz Atas Awan, Akustik Atas Awan, Festival 1.000 Lampionsampai dengan puncak acara yaitu Ruwatan Anak Gimbal.

Pada penyelenggaraan ke-14 tahun ini, DCF mengusung slogan The Spirit of Culture. DCF selalu sukses menarik puluhan ribu pengunjung baik dari domestik maupun internasional. Tahun ini MNC Travel pun turut memberangkatkan peserta untuk menjadi bagian dari festival tersohor itu.

Seluruh peserta berkumpul di MNC Tower terlebih dahulu pada Kamis (3/8) malam untuk kemudian berangkat bersama menuju ke Dieng menggunakan bus. Tiba di kawasan destinasi wisata itu pada Jumat (4/8) pagi. Sesampainya di Dieng, peserta menikmati jeda sejenak dengan makan siang di homestayuntuk selanjutnya berangkat menuju berbagai tempat wisata terkenal di Dieng.

Tujuan pertama perjalanan MNC Travel adalah Wisata Batu Pandang dengan Telaga Warna. Setelah itu peserta berangkat menuju tempat wisata lainnya, Kawah Sikidang. Malam hari seusai santap, peserta menuju pelataran Candi Dieng untuk mengikuti DCF hari pertama yang diisi dengan gelaran musik Jazz Atas Awan.

Malam itu Anji tampil sebagai special guest staruntuk menghangatkan para pengunjung dengan sejumlah hits-nya seperti Bidadari Tak Bersayap, Dia. Pada hari kedua, peserta sudah siap sejak subuh untuk pergi mendaki Bukit Sikunir yang terkenal dengan keindahan matahari terbit di atas awan. Pada malam hari, peserta kembali berkumpul di kawasan pelataran Candi Dieng untuk menyaksikan rangkaian DCF di hari kedua.

Pada malam ini Katon Bagaskara tampil dan sukses menghipnosis seluruh peserta. Puncaknya adalah Festival Lampiondi mana seluruh pengunjung secara bersamaan melepaskan sekitar 4.000 lampion sebagai simbol harapan. ”Rombongannya asyik dan rute perjalanannya juga menyenangkan.

Oh ya, makanan selama tur juga enak-enak. Jadi saya puas banget deh pakaiMNC Travel kali ini,” tutur Brian.Hari terakhir di Dieng, peserta dibawa menyaksikan rangkaian acara Ruwatan Anak Gimbal. Tour leaderRizky menjelaskan, perjalanan ke Dieng kali ini merupakan yang kedua setelah tahun lalu MNC Travel juga memberangkatkan peserta untuk acara yang sama.

”Kita merasa sangat senang dan bangga bisa turut meramaikan salah satu eventnasional yang luar biasa seperti Dieng Culture Festival,” katanya. Rizky berharap tahun depan bisa membawa lebih banyak peserta lagi untuk ikut menyaksikan keseruan festival itu. Menariknya MNC Travel menyediakan informasi terbaru tentang paket tur yang bisa diakses di akun Instagram @mnctravel.

ANDIK SISMANTO

Wonosobo