Edisi 13-08-2017
Fondasi Baru Wenger


LONDON – Oliver Giroud menjadi pahlawan karena satu golnya di masa injury time menghadirkan kemenangan 4-3 untuk Arsenal pada laga pembuka Liga Primer melawan Leicester City, di Emirates Stadium, Sabtu (12/8).

Tapi, peran tak kalah penting ditunjukkan striker anyar Arsenal, Alexandre Lacazette. Mantan pemain Olympique Lyon tersebut menjadi perbincangan karena langsung mencetak gol di laga perdananya bersama The Gunners . Gol Lacazette dilesakkan ketika pertandingan baru berjalan dua menit.

Puja-puji langsung disampaikan Pelatih Arsenal Arsene Wenger pada pemainnya tersebut. Wenger menilai, striker berusia 26 tahun itu bertambah tangguh dalam setiap pertandingannya. “Malam ini (dini hari kemarin), dirinya memperlihatkan sebuah penampilan yang sangat meyakinkan. Ini tentu menjadi awal yang sangat bagus,” kata Wenger seperti dilansir Sky Sports .

Tampil tanpa Alexis Sanchez karena alasan kebugaran, Wenger membangun kekuatan timnya dengan formasi 3-4-2-1. Dua rekrutan baru, Rob Holding dan Sead Kolasinac menjadi dua full back mendampingi Nacho Monreal. Sedangkan Alex Oxlade-Chamberlain ditarik ke bawah menggenapi empat gelandang untuk menopang Mesut Oezil dan Danny Welbeck yang mendukung Lacazette sebagai penggedor utama.

Strategi ini berhasil menekan pertahanan Leicester sehingga bertahan sangat dalam dan memenangkan penguasan bola. Tapi rentetan gol demi gol, membuat Wenger mengubah wajah timnya menjadi lebih agresif menjadi 3-4-3. Lacazette digeser ke kiri, Theo Walcott masuk menempati sektor sayap kanan dan Giroud menjadi target man.

Meski sempat memunculkan ketidak seimbangan di sisi pertahanan, The Gunners kemudian menutup laga dengan kemenangan 4-3 melalui gol Lacazette (2), Welbeck (45+2), Aaron Ramsey (83) dan Giroud (85). Leicester sempat memiliki peluang menang atau imbang dengan sumbangan gol Shinji Okazaki (5) serta Jamie Vardy (29,56).

Mentalitas Giroud pula yang membuat Wenger memberikan pujian pada pemain asal Prancis itu. Pelatih kelahiran Stasbourg, Prancis, 67 tahun silam tersebut, berharap Giroud itu bisa terus memberikan kontribusi besar untuk tim. Wenger memuji loyalitas Giroud karena tetap tampil bagus meski sempat mengizinkannya meninggalkan Arsenal.

“Karena saya punya banyak penyerang dan pada akhirnya dia memutuskan tetap bertahan bersama kami. Dia tak mau pergi dan saya gembira ia dia bertahan,” papar Wenger. Sedangkan Giroud yang sudah mencetak 99 gol dari 229 pertandingan bersama Arsenal pun berjanji akan berusaha keras untuk mendapatkan tempat di tim utama The Gunners. “Saya lebih memilih berada di lapangan sebanyak mungkin. Dan saya ingin membantu tim meraih targettargetnya,” papar Giroud.

decky irawan jasri