Edisi 13-08-2017
Dovizioso Tak Ingin Jemawa


SPIELBERG– Andrea Dovizioso tak ingin jemawa meski difavoritkan menjadi juara pada balapan di GP Austria malam ini.

Pembalap Ducati itu merasa yakin bahwa persaingan akan sangat berat di Sirkuit Red Bull Ring nanti. Fairingbaru milik Ducati yang digunakan pada sesi latihan bebas GP Austria menjadi keunggulan pembalap pabrikan Italia ini dari para rivalnya.

Dovizioso mendapatkan hasil yang sangat baik saat latihan bebas kedua dengan unggul 0,234 detik dari pembalap Yamaha Maverick Vinales. Jelas, riderItalia itu percaya diri menggunakan fairingakan membuatnya berada di barisan depan pada balapan nanti.

”Tahun ini peraturan berubah dan semua orang mengerjakannya, kami masih melakukannya. Saya yakin sekarang lebih kompetitif daripada pembalap lainnya,” kata Dovizioso, dilansir Crash. ”Tapi saya percaya di sini lebih baik. Kami tidak membandingkan, tapi kami tidak ingin kehilangan waktu dan kami percaya pada fairingitu setelah pengalaman di Brno, saat Jorge (Lorenzo) menggunakan saat latihan dan balapan,” ujarnya.

Dovizioso mengakui timnya telah melakukan peningkatan dalam hal pengembangan fairing mereka sendiri. Namun, dia tetap yakin Ducati masih memegang keunggulan selama beberapa hari terakhir. Menurut dia, itu menambah kepercayaan dirinya menjadi lebih baik jelang balapan nanti.

Namun, Dovizioso tetap waspada jika ingin Ducati kembali mendominasi balapan di Spielberg. Kali ini kecepatan motornya tidak terlalu begitu jauh dengan Maverick Vinales dari Yamaha. Padahal, rivalnya itu tak menggunakan fairing baru di sini. Jelas, pembalap berusia 31 tahun ini meminta timnya untuk meningkatkan performa motornya sebelum balapan berlangsung.

“Saya percaya Yamaha akan sangat kompetitif di sini. Saya tidak dapat memiliki jawaban yang berlawanan tentang itu karena saya percaya ini terkait aerodinamika. Ini benar-benar teknis dan saya tidak tahu persis efek fairingbaru Yamaha,” ungkapnya.

Yang jelas, Dovizioso yang berada di peringkat ketiga klasemen sementara MotoGP 2017 dengan 133 poin, masih tertinggal 21 angka dari Marc Marquez yang berada di posisi puncak. Namun, jarak tersebut bisa terpangkas jika dirinya bisa melakukan balapan dengan konsisten. Sebab, Sirkuit Red Bull Ring memang mempunyai karakter yang sama seperti motor Ducati yang selalu cepat di trek tersebut.

Musim lalu Andrea Iannone, yang saat itu mengendarai Ducati, memenangi balapan di Spielberg. Sementara Dovizioso melengkapi tim pabrikan asal Italia itu dengan meraih podium kedua di balapan tersebut. Pembalap Honda Marquez tampaknya sudah punya strategi untuk memenangkan balapan ketiga kalinya secara beruntun setelah di Sachsenring dan Brno musim ini.

Pembalap berusia 24 tahun ini mengakui ban medium sangat cocok dengan lintasan di Red Bull Ring, meski kebanyakan rider menggunakan ban lunak. Namun, dia menegaskan tetap akan lebih memilih ban berjenis medium pada balapan nanti.

”Pada akhir latihan bebas kedua saya memutuskan menggunakan ban belakang medium dengan tujuan fokus pada balapan. Cuaca menunjukkan kemungkinan turun hujan besok pagi, tapi saya putuskan akan mengambil risiko karena ingin punya persiapan lebih untuk race,” ungkap juara dunia bertahan MotoGP itu.

raikhul amar

Berita Lainnya...