Edisi 25-08-2017
Aktris Kaya Prestasi


JENNIFER Lawrence atau populer dengan sebutan J-Law merupakan aktris kenamaan Hollywood yang memiliki banyak prestasi di bidang perfilman. Di setiap ajang penghargaan film, J-Law selalu tampil menawan dengan busana dan gaya riasannya.

Perempuan kelahiran Louisville, Kentucky, 15 Agustus 1990 ini, pada u sianya yang ke-14 tahun memutuskan untuk mengejar karier akting. Sebelum menemukan keberhasilan dalam Hollywood, J-Law mengikuti kelas akting di Kammerer Middle School Louisville. Dia lulus dari sekolah tinggi dua tahun lebih awal dengan nilai 3,9, dan berfokus pada karier di dunia akting. Penampilan akting pertamanya sebagai pemeran utama dalam sitkom TBS The Bill Engvall Show pada 2007 hingga 2009.

Dia kemudian muncul di film independen, The Burning Plain, pada 2008 dan Winter’s Bone pada 2010. Karena film tersebut, dia menerima nominasi penghargaan Academy untuk aktris terbaik. Pada saat itu, ia adalah orang termuda kedua untuk menerima nominasi dalam kategori itu. “Untuk peran pendukung dalam film komedi drama karya Russell, American Hustle pada 2015, saya menerima penghargaan Golden Globe Award, BAFTA Award, dan menerima sepertiga nominasi Academy Award , semua untuk kategori aktris pendukung terbaik,” sebut J-Law, seperti dilansir dari Dailymail.co.uk. J-Law juga dikenal karena memerankan Raven Darkholme (Mystique) di film superhero X-Men: First Class pada 2011 dan sekuel X-Men: Days of Future Past pada 2014.

Mulai tahun 2012, dia memperoleh ketenaran internasional untuk memainkan pahlawan terkemuka, Katniss Everdeen, dalam seri film The Hunger Games , yang berdiri sebagai pahlawan paling sukses sepanjang masa. Pada 2014 J-Law menduduki puncak daftar Aktris Paling Berpengaruh versi Forbes dan menduduki peringkat nomor 12 dalam daftar Celebrity 100 . 2014 dan 2015 menjadi tahun keemasan bagi J-Law. Bukan hanya sensasi hubungannya dengan vokalis Coldplay, Chris Martin, prestasi yang diraih J-Law juga diraih dari pendapatannya yang fantastis dari perannya di The Hunger Games .

Film ini membuat rekor pembukaan terbesar ketiga untuk akhir pekan, yakni 152 juta dolar atau Rp2 triliun hanya dalam tiga hari untuk film nonsekuel. “Top 200 box-office di seluruh dunia yang pernah terjadi dengan pendapatan total 350 juta dolar ke atas (Rp4,6 triliun), tidak satu pun diperankan oleh perempuan kecuali J-Law,” ujar Steve Forbes, editor in chief Forbes . Kesuksesan The Hunger Games dan sejumlah sekuelnya mengantarkan JLaw sebagai aktris dengan bayaran tertinggi selama dua tahun berturutturut, 2015 dan 2016. Dia mencatat rekor dengan bayaran mencapai 52 juta dolar atau sekitar Rp696 miliar dalam rentang Juni 2014 sampai Juli 2015.

Sementara itu, dari Agustus 2015 hingga Juni 2016 pendapatannya 46 juta dolar atau sekitar Rp611 miliar. Perempuan yang memenangkan Oscar pada 2013 sebagai aktris terbaik atas perannya di film Silver Linings Playbook ini juga menerima penawaran sebagai spokeswomen bagi perusahaan kecantikan dan mode Dior sejak 2012. Tak ayal J-Law pun tampak selalu memakai busana dari Christian Dior di setiap penampilan karpet merah. Untuk membuat bintang 27 tahun tersebut itu memakai karyanya, Dior membayar J-Law hingga USD 20 juta atau mencapai Rp243 miliar.

Tak lama setelahnya, J-Law pun membintangi kampanye Miss Dior dan membuat tampilan red carpet yang memesona dengan berbagai pulasan make-up dari Dior.

Dwi nur ratnaningsih