Edisi 25-08-2017
Latih Mental lewat Kompetisi


KOMPETISI bisa didapat lewat perlombaan olahraga. Terlebih, hidup aktif dengan berolahraga memiliki banyak manfaat bagi si kecil.

Sebut saja memperkuat otot dan tulang, mengontrol berat badan, hingga meminimalisasi risiko penyakit dia betes, kanker, dan penyakit tidak me - nular lainnya. Bukan hanya itu, para ahli berpendapat bahwa olahraga juga mem - bangun kepercayaan diri anak, mengelola kegelisahan dan depresi, serta mening kat - kan percaya diri dan kemampuan kognitif. “Olahraga melepaskan hormon endorfin yang berkorelasi dengan kebahagiaan,” kata Pengantar Saunders, pelatih fisik dan penulis Keeping Kids Fit and Buddy and Bea, dikutip dari Healthline .

Dalam rangka memperkenalkan pola hidup sehat sejak dini, Quaker Oats bermitra dengan Tribuddies mendukung kompetisi Kids Triathlon yang diselenggarakan di Klub Kelapa Gading. Sekitar 200 anak ditargetkan ikut kompetisi ini, yang merupakan kombinasi dari tiga cabang olahraga, yaitu berenang, lari, dan bersepeda, untuk anak-anak umur 5-10 tahun. “Kami bangga mendukung Kids Triathlon untuk mengukuhkan komitmen kami dalam upaya menerapkan pola hidup sehat di kalangan masyarakat Indonesia,” ungkap Ita Karo Karo Fernandez, Head of Marketing, Foods, PepsiCo Indonesia.

“Kami percaya, pola hidup sehat merupakan kombinasi dari olahraga dan pola makan sehat secara rutin, yang keduanya dapat diterapkan sejak dini,” ucapnya. Dibutuhkan ketahanan fisik dan mental yang kuat dalam mempersiapkan anak di ajang Kids Triathlon. Kompetisi ini dibagi menjadi 2 kategori, yaitu anak dengan usia 5-7 tahun dengan runutan olahraga berenang sejauh 50 meter, dilanjutkan dengan bersepeda 1,8 km, dan berlari dengan jarak 1 km. Sementara, anak-anak dengan usia 8- 10, berenang sejauh 100 meter bersepeda 3 km, dan berlari 1,8 km. Selain latihan rutin, nutrisi yang seimbang dan pola asupan gizi tepat, mencakup sumber karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral, harus tercukup sebagai fondasi yang baik untuk performa maksimal saat mengikuti kompetisi.

“Quaker Oats mengandung karbohidrat yang berfungsi memberikan energi yang dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari. Oat juga kaya akan protein yang berfungsi membentuk dan mempertahankan jaringan,” katanya. Selain itu, Oat kaya serat, vitamin B1 dan B12, serta mineral yang dibutuhkan tubuh. Dengan demikian, Oats merupakan pilihan yang tepat untuk sarapan sebelum memulai kompetisi triatlon. Kompetisi membantu anak belajar bahwa pemenang bukanlah selalu yang sukses dalam hidup, melainkan mereka yang bekerja keras.

Sri noviarni