Edisi 29-08-2017
Perluas Akses Pendidikan lewat Teknologi


KONDISI geografis kepulauan di Indonesia acap menghadirkan tantangan dalam berbagai sektor. Salah satunya pemerataan pendidikan atau edukasi.

Nah, hal itu yang coba dijawab lewat pendidikan berbasis teknologi atau edu-tech. “Pada abad ke-21 sudah seharusnya pendidikan bisa diakses semua orang dengan mudah, termasuk di Indonesia,” beber co-founder dan Managing Director Quipper Edukasi Indonesia Takuya Homma. Takuya yakin bahwa semua orang harus bisa memiliki akses pendidikan karena dampaknya sangat luas. Namun, ia sepakat bahwa untuk menyediakan fasilitas pendidikan di Indonesia memakan waktu dan biaya serta tenaga. Itu karena wilayah yang luas dan terpisah kondisi geografis.

Edu-tech disebut Takuya mampu membuat akses pendidikan menjadi lebih mudah dan cepat. Melihat perkembangan teknologi dan internet di Indonesia yang semakin merata, akses pendidikan bisa diperoleh dengan hanya menggunakan gadget seperti ponsel. Quipper berdiri sejak 2010 dan telah terlebih dulu hadir di sejumlah negara. Keputusannya masuk Indonesia pada 2015, menurut Takuya, karena momennya tepat: kepemilikan smartphone semakin banyak, internet semakin banyak diakses, dan e-learning memang sudah familier di Indonesia.

Pada platform Quipper terdapat beragam fitur e-learning , tidak hanya bagi pelajar, juga guru atau sekolah yang menggunakannya untuk mengimplementasikan sistem pendidikan berbasis teknologi. Selain itu, Quipper menyediakan konten pendidikan atau edukasi dalam bentuk video sehingga lebih mudah dan menarik. Untuk mengakses seluruh layanan Quipper, tersedia dua jenis pilihan, yakni gratis dan berbayar untuk jangka waktu setahun.

Takuya menyebut bahwa sejak 2015 Quipper di Indonesia sudah membantu proses belajar lebih dari 2,5 juta pelajar yang 50.000 di antaranya menggunakan konten video di Quipper, serta melatih 200.000 guru dan menjangkau 5.000 sekolah di seluruh Indonesia. Quipper juga sudah menjalin kerja sama dengan 45 dinas pendidikan tingkat kota/kabupaten dan provinsi.-

Cahyandaru kuncorojati



Berita Lainnya...