Edisi 09-09-2017
Gerobak Perindo Bantu Naikkan Omzet UMKM


JAKARTA– Bantuan gerobak gratis Partai Perindo kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di seluruh wilayah Tanah Air semakin dirasakan manfaatnya oleh warga.


Bantuan gerobak tersebut tidak hanya meremajakan alat berdagang warga, tetapi juga membantu meningkatkan pendapatan. Rusmiati, warga Cilincing, Jakarta Utara, mengaku sebagai salah satu pedagang yang merasakan berkah atas bantuan tersebut. “Ada kenaikan (omzet) sebesar 30% setelah saya menggunakan gerobak yang baru,” ungkap pedagang soto ayam ini kemarin.

Bersama suaminya, Rusmiati mengaku telah berjualan soto ayam sejak 13 tahun lalu. Namun, dagangan bertambah laris dirasakan setelah gerobaknya diperbarui. “Gerobak lama saya keliatan kumuh. Setelah ada gerobak baru dari Partai Perindo, tempat dagangan saya tampak lebih bagus, rapi, dilihatnya enak sama pembeli sehingga dagangan bisa laris,” ujarnya.

Perempuan kelahiran Lamongan, 16 Agustus 1973 itu mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Partai Perindo dan berharap agar semakin menunjukkan kedekatan dengan rakyat kecil. Terima kasihnya juga disampaikan kepada Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo.

“Saya senang sekali dan berterima kasih kepada Pak Hary Tanoe, mudah-mudahan beliau senantiasa sehat dan sukses serta tidak lupa kepada masyarakat kecil seperti saya ini,” harapnya. Gerobak Perindo merupakan salah satu program Partai Perindo untuk membangun kesejahteraan masyarakat khususnya UMKM.

Perindo menggulirkan berbagaiprogramlainnya seperti koperasi nelayan, pembinaan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia. Selain memberi bantuan gerobak, Perindo juga melakukan pembinaan kepada pedagang penerima bantuan.

Pembinaan kepada pelaku UMKM ini antara lain dilakukan DPP Rescue Perindo. Salah satu lokasi pembinaan yakni kawasan Senen, Jakarta Pusat. Tugimin, 42, pedagang mi ayam di Jalan Kali Baru Barat termasuk yang dibina.

“Kita memberikan pembinaan dan edukasi terkait peningkatan pelayanan serta penyajian, sehingga dagangannya bisa naik kelas dan bisa berada di jajaran makanan yang tidak kalah dengan franchise, dan akhirnya bisa menyajikan makanan untuk kelas atas,” ujar Ketua Umum DPP Rescue Perindo Adin Denny.

Pembinaan kepada UMKM merupakan kegiatan rutin sayap Partai Perindo ini untuk memastikan usaha penerima gerobak Perindo berkembang. “Ini merupakan bagian dari evaluasi kita terhadap UMKM binaan Perindo. Untuk mereka yang sudah naik kelas, bisa menjadi role model bagi pelaku usaha lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, Tugimin mengungkapkan perubahan yang dirasakannya sejak berjualan menggunakan Gerobak Perindo. Dia mengaku pendapatannya meningkat hingga dua kali lipat. “Alhamdulillah sejak punya Gerobak Perindo, usaha saya bisa lebih maju. Pendapatan saya juga bisa dua kali lipat dari sebelumnya,” kata nya. Tak hanya itu, Tugimin bahkan bisa membuka cabang di kawasan Pasar Poncol dan membuka lapangan pekerjaan.

happy ramadany/ puspa puspita


Berita Lainnya...