Edisi 09-09-2017
Karibia Porakporanda


PROVIDENCIALES – Angin topan Irma yang disertai angin kencang dan hujan deras bergerak menuju Florida, Amerika Serikat (AS), setelah meluluhlantakkan Kepulauan Karibia dan menewaskan 14 orang.

Sampai pagi kemarin, Irma sudah berada sekitar 795 kilometer dari tenggara Miami, Florida. Salah satu badai terbesar di dunia itu sebelumnya menerjang Republik Dominika, Haiti, Turks, dan Caicos. Namun, level Irma diturunkan dari kategori 5 menjadi kategori 4. Meski demikian, kekuatan anginnya mencapai 250 kilometer per jam.

Irma sedang menuju Bahama sebelum diperkirakan menerjang Kuba dan Florida pada Minggu besok. Di Miami, ratusan orang mengantre mendapatkan air minum dalam kemasan. Mobil-mobil juga ramai memasuki SPBU. Dengan tingkat penjualan BBM lima kali lebih besar dari hari biasa, ketersediaan BBM akhirnya menjadi tipis.

Masyarakat di Pantai Palm akan segera diinstruksikan melakukan evakuasi. “Mandat evakuasi di Pantai Georgia Atlantic akan dimulai besok (hari ini),” kata Gubernur Nathan Deal. Irma menerjang pulau-pulau kecil di Karibia, termasuk Barbuda, Saint Martin, dan Virgin.

Pepohonan tumbang dan perumahan serta RS rata dengan tanah. Seperti dilansir Reuters, atap dan dinding rumah yang tampak kukuh bergoyang begitu keras ketika Irma menerjang Providenciales. Selain itu, tekanan udara juga menjadi rendah.

muh shamil