Edisi 13-09-2017
Polwan Lumpuhkan Penjambret Tasnya


TANGERANG – Aksi heroik polisi wanita (polwan) Bripda Nadia patut diacungi jempol. Berkat keberaniannya, anggota Polrestro Tangerang Kota ini berhasil melumpuhkan pelaku kejahatan yang menjambretnya di Jalan Raya Benteng Makasar, Kota Tangerang, kemarin.

“Saat itu Bripda Nadia mengendarai motor dan melintas di Jalan Benteng Makasar. Kemudian salah satu pelaku bernama Firdaus memepet Nadia,” kata Kapolres Metro Tangerang Kombes Pol Harry Kurniawan, kemarin Pelaku Firdaus dan Bripda Nadia sempat terlibat tarik menarik tas di sepeda motor hingga keduanya terjatuh. Keduanya kemudian terlibat perkelahian.

Tidak lama, Bripda Moliziah datang membantu. “Tetapi Firdaus terus menyerang Bripda Nadia. Karena dianggap membahayakan, maka dilakukan tindakan tegas dengan menembak kakinya. Setelah berhasil dilumpuhkan, pelaku ditangkap,” ujarnya.

Setelah menangkap Firdaus, polisi langsung melakukan pengembangan dan berhasil menangkaptigaoranglainnya, yakni Rojul, 25; Abdul Karim, 23; dan penadah Daryanto, 33. “Dalam dua bulan terakhir, komplotan Firdaus sudah beraksi11kali. Dari 11laporanyang ada, tujuh di antaranya korbannya perempuan,” katanya.

Bripda Nadia mengatakan, dirinya berperan sebagai umpan. Sedangkan Bripda Moliziah memantau dari jarak jauh. “Saya sempat berkelahi, dan Bripda Moliziah datang membantu,” ujarnya. Sementara itu, sekelompok pelajar hendak tawuran membacok seorang anggota polisi yang biasa bertugas Polsek Cisauk Aiptu Sugiri dengan celurit.

Peristiwa pembacokan itu terjadi di depan SMAN 2 Tangsel, Muncul, Setu. Bermula saat Aiptu Sugiri yang sedang mengatur lalu lintas melihat segerombolan pelajar naik ke atas truk. Melihat hal itu, Aiptu Sugiri langsung menghentikan dan menyuruh para pelajar diduga hendak tawuran tersebut turun.

Tidak terima truknya dihentikan, seorang pelajar berinisial A langsung memukul dengan tangan kosong, tapi berhasil ditangkis. Namun, pelajar lainnya berinisial RR langsung menyerang memakai celurit. “Pelajar itu membacok Aiptu Sugiri dari belakang dengan celurit dua kali dan mengenai tanda pangkat di bahu,” ujar Kasat Reskrim Polresta Tangsel AKP Alexander Yurikho, kemarin.

hasan kurniawan