Edisi 13-09-2017
39 Siswa Dikirim Kuliah ke China


MANADO – Pemerintah Sulawesi Utara (Sulut) mengirim 39 siswa untuk kuliah di China. Mereka adalah siswa hasil seleksi ketat penerima beasiswa Batch II 2017 Jiangsu Agri–- Husbandry Vocalitional Collage China.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Sulut Gammy Kawatudi, Selasa (12/9) di Manado, mengatakan mereka akan mengikuti kuliah selama tiga tahun di bidang pertanian, bisnis, dan pariwisata.

“Pengiriman siswa ke China ini merupakan realisasi kerja sama Pemprov Sulut dengan PT Meares Soputan Mining (MSM) bersama grup di sektor pendidikan,” kata Gammy. Pemprov Sulut, sebut dia, memang tengah menggenjot sektor pendidikan dengan melibatkan dengan sejumlah pihak swasta, misalnya PT Meares Soputan Mining (MSM), Archi Indonesia, Rajawali Foundation, PT TTN, serta Semolec.

Wakil Gubernur Sulut Steven OE Kandouw mengapresiasi keterlibatan swasta membantu membangun sumber daya manusia (SDM) Sulut. “Kami mengimbau supaya perusahaan-perusahaan besar lainnya bisa melihat ini dengan lebih baik lagi. Jangan nanti kalau ada perlu saja baru cari pemerintah daerah,” ujarnya.

Steven berharap pada tahun mendatang program beasiswa lebih banyak lagi yang diberangkatkan studi ke luar negeri. Presiden Direktur PT MSM Tarkelin Purba meminta para calon mahasiswa penerima beasiswa ke China untuk menjadikan kesempatan ini sebagai satu motivasi yang tidak boleh disia-siakan.“Adik-adik harus paham bahwa adik-adik adalah pilihan di antara banyaknya siswa di Sulut. Jadi manfaatkan kesempatan ini dengan baik,” beber Tarkelin Purba.

cahya sumirat




Berita Lainnya...