Edisi 13-09-2017
ASEAN Tingkatkan Dagang dengan Rusia


JAKARTA– Menteri Ekonomi anggota ASEAN sepakat untuk meningkatkan kerja sama dengan Rusia.

Kerjasama ini termasuk sejumlah negara Eurasian Economic Union (EAEU) dan akan diperkuat dengan nota kesepahaman peningkatan kinerja perdagangan kedua pihak. Direktur Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Iman Pambagyo mengatakan, saat ini ASEAN dan Eurasian Economic Union (EEC) tengah memfinalisasi nota kesepahaman (MoU) yang diharapkan bisa rampung pada November 2017.

”Saat ini, ASEAN dan EEC tengah memfinalisasi MoU untuk meningkatkan hubungan kerja sama ekonomi kedua belah pihak dan diharapkan dapat ditandatangani pada ASEAN Summit pada November 2017,” kata Iman dalam keterangan tertulisnya kemarin.

Para pejabat senior kedua pihak akan segera menyelesaikan MoU tersebut agar dapat ditandatangani bersama oleh Eurasian Economic Commission (EEC) –supranational body– dari EAEU dan Sekretaris Jenderal ASEAN, mewakili negara-negara anggota ASEAN. Keanggotaan EAEU terdiri dari Rusia, Kazakhstan, Belarus, Armenia, dan Kyrgyzstan.

Rangkaian Pertemuan Menteri Ekonomi (AEM) ke-49 ditutup dengan pertemuan AEMRussia Consultations ke-6 dan pertemuan AEM-India Consultations ke-14 di Pasay, Filipina. Delegasi Rusia dipimpin Wakil Menteri Pembangunan Ekonomi Rusia Maxim Oreshkin dan India dipimpin Minister for Commerce and Industry Suresh Prabhakar Prabhu.

Selain itu, para menteri mengesahkan revisi Peta Jalan Kerja Sama Perdagangan dan Investasi ASEAN-Rusia (ASEANRussia Trade and Investment Cooperation Roadmap) bersama dengan Post-2017 ASEANRussia Trade and Investment Cooperation Work Programme yang dikembangkan dari Peta Jalan Kerja Sama Perdagangan dan Investasi ASEAN-Rusia.

Para menteri mendiskusikan pula perkembangan usulan Rusia mengenai studi kelayakan tentang area perdagangan bebas ASEAN-EAEU. ”Menteri AEM berpandangan ASEAN perlu mempelajari dan mengenal pola perdagangan di EAEU terlebih dahulu sebelum memutuskan melakukan kerja sama yang lebih intens dengan EAEU,” kata Iman.

hatim varabi/ant