Edisi 13-09-2017
MNC Asset Dorong Investasi Reksa Dana


JAKARTA– MNC Asset Management menyosialisasikan rahasia sukses berinvestasi di reksa dana kepada generasi muda melalui kegiatan bertajuk Chit Chat Duit (CCD) 2017.

Kegiatan tersebut memunculkan minat generasi muda, khususnya mahasiswa, agar tertarik berinvestasi reksa dana. Hari ini MNC Asset Management menggelar preevent CCD 2017 dengan memanfaatkan momentum Perbanas Expo 2017 di Kampus Perbanas. Branch Manager MNC Asset

Management Annafrid MP Nikijuluw mengatakan, banyak keuntungan yang bakal didapatkan mahasiswa Perbanas dengan mengikuti Seminar CCD 2017. “Tentu dengan acara sosialisasi edukasi ini, orang khususnya kalangan mahasiswa lebih aware, fleksibel, dan efektif untuk melakukan investasi,” katanya saat ditemui di area Perbanas Expo di Jakarta, kemarin.

Menurut dia, investasi di reksa dana saat ini tidak membutuhkan banyak biaya. Pihaknya optimistis mahasiswa memiliki kemampuan untuk berinvestasi sejak dini. Saat ini yang perlu dibangun hanya kesadarannya saja. “Tapi kita optimistis ini bisa dilakukan. Paling tantangannya karena kebanyakan orang itu punya uang spending (belanja) dulu sisanya baru di-save.

Bagaimana caranya dengan sosialisasi edukasi ini kalau kita mau berinvestasi pada saat kita dapat uang kita save dulu, baru sisanya kita spending,” katanya. Tak kalah menggiurkan jika mahasiswa ingin mengikuti kegiatan CCD 2017 ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Apalagi dengan mengikuti CCD 2017, nanti mahasiswa akan memperoleh sertifikat. “Gratis sama sekali. Kita tidak memungut bayaran dan di sini kita juga memberikan sertifikat kepada mahasiswa yang ikut acara ini. Itu sangat berfungsi untuk mereka sebagai pengantar untuk ajukan beasiswa dan lainnya,” ujarnya.

Pihak Perbanas menyambut baik keinginan MNC Asset Management membidik mahasiswanya agar berminat berinvestasi di reksa dana. Kegiatan ini digelar melalui preeventChit Char Duit (CCD) 2017 dengan memanfaatkan momentum Perbanas Expo 2017 di Kampus Perbanas. Ketua Bidang Pengkajian Pengembangan Perbanas Aviliani mengatakan, mahasiswa memang perlu diberikan edukasi dan sosialisasi mengenai pentingnya berinvestasi sejak dini.

“Saya rasa perlu. Ini dari mahasiswa harus mulai diajarkan karena bagaimanapun kalau kita lihat masyarakat Indonesia takut ambil risiko. Padahal kalau kita bicara reksa dana, bicara saham itu bicara investasi jangka panjang,” kata Aviliani. Aviliani meyakini nanti akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang berkecimpung di pasar modal Indonesia.

“Ini bagus untuk ke depan supaya kalau mahasiswa banyak paham tentang hal ini, obligasi pemerintah, saham-saham perusahaan terbuka itu lebih banyak dibeli masyarakat Indonesia,” katanya. Sementara saat ini, kata Aviliani, pasar modal Indonesia lebih banyak dimasuki investor asing ketimbang domestik. “Kalau sekarang lebih banyak dibeli asing.

Jadi asing lebih berani ambil risiko. Menurut saya bagus sekali MNC (MNC Asset Management) melakukan ini di kampus-kampus karena kampus merupakan basis orang setelah lulus dia harus bekerja dan dia berani berinvestasi,” ujarnya.

Bahkan, dia menambahkan, kalau bisa tak sekadar perguruan tinggi yang diberikan edukasi, tapi murid SD, SMP, hingga SMA sebaiknya juga diajarkan tentang keuangan agar mereka memahami risiko-risiko di sektor keuangan. CCD 2017 merupakan kegiatan sosialisasi edukasi reksa dana yang dilakukan MNC Asset Management bagi mahasiswa di empat universitas di empat kota.

Acara ini juga diselenggarakan mendukung program sosialisasi dan edukasi yang telah dicanangkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam meningkatkan pemahaman dan kecerdasan masyarakat dalam memilih investasi.

Sesuai agenda CCD 2017 akan diadakan di empat kota yang tersebar di Indonesia. Keempat kota tersebut adalah Bandung yang akan dilaksanakan pada 13 September 2017, Bogor pada 14 September 2017, Pekanbaru pada 19 September 2017, dan di Jakarta akan dilaksanakan pada 29 September 2017.

hafid fuad