Edisi 13-09-2017
Dilema Si Penyihir Kecil


LIVERPOOL – Pelatih Liverpool Juergen Klopp memberi sinyal akan menyambut kembalinya Philippe Coutinho ke dalam skuadnya saat menjamu Sevilla pada matchday 1 Liga Champions di Anfield dini hari nanti.

Situasi ini berpotensi membuat hati playmaker asal Brasil itu bergejolak. Bintang yang dijuluki Si Penyihir Kecil oleh para fans dan rekan-rekannya di Liverpool itu sudah kembali berlatih secara penuh bersama tim. Pemain 25 tahun itu sempat absen pada lima laga awal The Reds musim ini lantaran cedera punggung.

Namun, dia dua kali main sebagai pengganti bersama negaranya pada kualifikasi Piala Dunia 2018. Sebenarnya Coutinho sudah kembali bergabung pada latihan klub di Melwood, Kamis (7/9). Namun, Klopp tak menyertakan namanya dalam tim saat sowan ke Etihad Stadium, markas Manchester Cita, pada Liga Primer, Sabtu (9/9).

Klopp menjelaskan alasannya kenapa meninggalkan Coutinho pada laga tersebut. Sang bos pun siap kembali memaksimalkan peran aset berharganya itu kala meladeni Sevilla dini hari nanti. ”Itu keputusan dibuat dengan mempertimbangkan kepentingan semusim.

Dia (Coutinho) baru kembali dari penerbangan panjang setelah dua kali main sebagai pengganti dan tiga pekan tanpa latihan,” ungkap nakhoda asal Jerman itu di situs resmi klub. ”Kami berpikir yang terbaik memberi dia tiga atau empat hari latihan yang layak, kemudian dia bisa tersedia buat kami, dan itu berita sangat bagus.

Phil pemain fantastis, harapannya kami bisa menggunakan dia secepat mungkin,” paparnya. Kembalinya Coutinho jelas bakal memperkaya kreativitas permainan Liverpool. Terlebih, pada uji coba pramusim Juli-Agustus lalu dia terlihat sangat klop dengan bintang anyar The Reds Mohamed Salah yang dikolaborasikan dengan Roberto Firmino dan Sadio Mane sebagai trisula di depan.

Namun, di sisi lain, Coutinho bisa jadi duri dalam daging klub Merseyside itu setelah permintaannya untuk dijual pada bursa transfer lalu. Bukan rahasia lagi kalau Barcelona sampai tiga kali mengirim tawaran hingga menyentuh angka 125 juta euro pada masa deadline, tapi semuanya ditolak Liverpool.

Jika Coutinho kembali dimainkan pada Liga Champions, itu bisa jadi menutup langkah Barca untuk kembali memburunya pada bursa transfer Januari nanti. Sebab, sekali di tampil di ajang Eropa untuk satu klub, maka dia tak bisa dimainkan klub lain pada musim yang sama.

Sebenarnya tanpa Coutinho Liverpool mengawali musim dengan cukup baik dengan 2 kemenangan (2-1, 4-2) kontra Hoffenheim pada play-off Liga Champions, 1 imbang (3-3) di kandang Watford, serta 2 kemenangan atas Crystal Palace (1-0), dan Arsenal (4-0). Sayang, pada laga terakhir The Reds mengalami kekalahan memalukan (0-5) saat main di kandang Man City.

”Kami banyak mendapat pelajaran dari kekalahan itu. Kami tak bisa mengubah hari ini. Kami hanya bisa belajar dari itu agar lebih baik nantinya,” ucap Klopp. Di pihak lain, Sevilla datang tanpa dua pemainnya, Nolito dan Johannes Geis. Nolito absen karena mengalami cedera paha, sedangkan Geis yang baru direkrut secara pinjam dari Schalke tak dimasukkan tim.

Meski begitu, Liverpool tetap tak bisa meremehkan tamunya dari Andalusia tersebut. Sebab, klub berjuluk Los Nervionenses itu datang dengan percaya diri tinggi setelah menang 3-0 saat menjamu Eibar pada Primera Liga, Sabtu (9/9). Musim ini dari lima laga di semua ajang mereka belum terkalahkan dan mampu meraih 3 kemenangan dan 2 seri.

abdul haris