Edisi 13-09-2017
Masalah Terbesar Saya? Mungkin Malas


SEBELUM musim digulirkan masa depan Gareth Bale bersama Real Madrid mengundang banyak spekulasi.

Dia sempat dikabarkan hampir mendarat di Manchester United demi memberi jalan kepada Kylian Mbappe dari AS Monaco. Faktanya, dia tetap bertahan di Santiago Bernabeu meski performanya mendapat dianggap mulai menurun. Berikut petikan wawancara Bale, dikutip dari Marca.

Sekarang seperti sedang periode sulit. Ada menyesal tampil di final Liga Champions (Bale masuk pada menit ke-77 menggantikan Karim Benzema)?

Sebenarnya bisa saja mengatakan jika saya seharusnya beristirahat lebih lama. Tapi, saat Anda berada di luar karena cedera dan melihat rekan bermain, satu-satunya hal yang Anda inginkan adalah kembali tampil.

Anda menyesal karena harus tampil di final?

Sekarang, saya menyadari seharusnya meluangkan waktu dan memastikan benar-benar pulih. Dengan begitu, saya bisa bermain sebaik mungkin dan dapat melakukan semua hal yang tidak dapat dilakukan saat pergelangan kaki masih sakit.

Bisa Anda gambarkan tentang Zinedine Zidane?

Dia sangat tenang dan seseorang yang sangat menikmati sepak bola. Dia persis sama dengan orang yang Anda lihat di depan kamera. Ketika menyerang, dia menyukai kita mengekspresikan diri sendiri. Tapi, saat bertahan, dia ingin seluruh tim bertahan sebagai satu kesatuan. Dia menginginkan kita bertahan bersama dan saling membantu satu sama lain.

Apakah Anda marah dengan kritik selama ini?

(Tertawa). Tidak, tidak pernah, (itu) hanya opini, mereka harus menjual koran bagaimana caranya dan mereka perlu menulis sesuatu. Saya terbiasa dengan orang-orang yang menulis hal-hal baik dan hal-hal buruk. Tidak ada sesuatu yang membuat saya khawatir.

Apa bagian tersulit dari menjadi pemain sepak bola?

Bepergian sehingga sering jauh dari keluarga. Tinggal di negara yang berbeda membuat Anda ingin dekat dengan keluarga dan teman. Tapi, Anda harus menghabiskan banyak waktu jauh dari rumah, bepergian, dan setelah itu butuh beberapa saat untuk benar-benar pulih dari semua perjalanan tersebut.

Apa yang paling Anda harapkan?

Saya tidak tahu. Mungki saya sehat, keluarga, serta teman dan semua bahagia suda cukup. Hanya itu yang saya minta, tidak lebih.

Masalah terbesar seorang Bale?

Saya cukup malas, itu mungkin jawaban terbaik.

Apa yang membuat kamu senang?

Menjadi sehat membuat saya bahagia. Tidak ada cedera dan bisa bermain.

ma’ruf