Edisi 13-09-2017
Membuat Taman Cantik yang Murah Meriah


BUJET terbatas, tetapi ingin punya taman cantik? Taman alami nan asri bisa Anda miliki dengan biaya terbatas, asalkan tahu bagaimana mengelolanya.

Umumnya orang menyukai taman, tetapi tidak semua bisa memilikinya di rumah. Alasan yang paling sering muncul, membuat taman cukup mahal dan perawatannya membutuhkan biaya dan tenaga. Sebenarnya anggapan ini tidak salah. Ini terjadi bila kita membayangkan taman indah nan luas dengan permainan bukit yang dihiasi lampu gemerlap seperti yang terlihat di taman-taman kota.

Namun, bila kita memiliki hunian mungil dengan lahan terbatas, tidak perlu kita membayangkan taman seperti itu, karena ujung-ujungnya rasa putus asa mendorong kita untuk memilih tidak membuat taman. Alasan kedua yang juga sering muncul adalah adanya kebutuhan akan ruang sehingga Anda terpaksa menambah bangunan di lahan yang tersisa.

Bila Anda saat ini sedang berpikir untuk melakukan hal tersebut, cobalah berpikir ulang. “Ada banyak manfaat taman di rumah. Pertama, taman dapat mengurangi polusi dan udara panas di area rumah. Taman akan menyaring debu yang berada di luar sehingga udara yang masuk ke rumah akan lebih bersih,” tutur arsitek lanskap Tigor Siahaan.

Manfaat lainnya, taman membuat rumah tampil asri sehingga secara psikologis dapat memberikan rasa tenang dan nyaman. Bila Anda memiliki anak kecil, taman juga dapat menjadi tempat bermain yang baik untuk anak dibandingkan kamar yang tertutup. “Taman tidak harus diletakkan di depan rumah, di mana pun ada lahan sisa, bisa dimanfaatkan menjadi lahan untuk taman.

Untuk membuat taman, tidak terpaku pada luas lahan, sekecil apa pun area terbuka di halaman. Bahkan, sekalipun ruang yang tersisa sangat kecil, tetap bisa dibuat taman,” ungkap Tigor. Bisakah dengan bujet terbatas memiliki taman indah? Secara garis besar, taman terdiri dari dua elemen utama, yaitu taman hidup dan elemen keras yang tidak hidup.

Biasanya taman terdiri dari penutup tanah, seperti rumput, tanaman perdu, tanaman berbunga, tanaman peneduh atau pohon. “Bila ingin memberikan aksen yang lebih hidup, bisa ditambahkan elemen keras atau hardscape, seperti batu, patung, jalan setapak, termasuk kolam atau air terjun,” kata Tigor.

Agar taman impian dapat terwujud dengan bujet sesuai kantong, Anda perlu pintar-pintar memilih elemen yang ingin Anda masukkan ke taman, mulai memilih jenis tanaman sampai elemen kerasnya. Bila bujet terbatas, mungkin Anda harus meletakkan kolam atau air terjun. “Bila harus memilih berhemat, lebih baik gunakan satu pohon bagus plus hamparan rumput.

Hal itu akan kelihatan lebih wah daripada banyak groundcover,” ujarnya. Memang harga groundcover relatif lebih murah. Namun, bila penggunaannya dalam jumlah banyak, harganya akan mahal juga. “Selain itu, efek groundcover tidak sekuat pohon,” ucap Tigor.

Untuk membantu Anda mewujudkan taman idaman, ada baiknya sesuaikan desain dengan dana yang dimiliki. Untuk mewujudkan taman minimalis, Anda harus menyiapkan dana sebesar Rp3 juta–Rp 4 juta. Bagaimana, tertarik mewujudkannya? Selamat mencoba!

aprilia s andyna