Edisi 13-09-2017
Rumah Empat Kamar dengan Fasad Secondary Skin


Pertanyaan: Saya ingin bertanya soal desain rumah. Kebetulan saya punya lahan 8 x 16 meter persegi (m2). Beberapa desain Mas Probo yang saya lihat di YouTube sangat bagus.

Di sini saya ingin bertanya soal desain rumah yang modern tropis. Kebutuhan saya adalah: 4 buah kamar tidur ruang tamu ruang keluarga ruang makan dapur kamar mandi di lantai 1 dan 2 kamar tidur utama dengan kamar mandi dalam dapur di belakang dengan pemandangan taman ruang keluarga punya pemandangan ke taman belakang Terima kasih atas bantuannya.

Erick Jawaban Yang terhormat Bapak Erick, Saya ucapkan terima kasih atas pertanyaannya. Sebenarnya saya sudah pernah mendesain rumah di lahan 8 x 16 meter persegi (m2) seperti ini. Cuma perbedaannya, rumah ini berisi empat kamar tidur.

Penataan ruangnya di lantai 1 terdapat satu kamar tidur. Ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan diletakkan dalam satu ruangan cukup besar dengan pemandangan ke arah taman depan dan belakang. Hal ini menjadikannya terlihat luas dan bisa dipakai untuk acara keluarga atau perkumpulan warga saat ada hajatan.

Letak kamar mandi lantai 1 sedikit disembunyikan, dengan sedikit area di depannya untuk wastafel. Sedangkan, dapurnya punya akses ke taman belakang. Pada lantai 2 terdapat tiga kamar tidur, di mana salah satunya kamar tidur utama. Kamar tidur utama sengaja diletakkan di depan karena bisa lebih luas daripada kamar lainnya.

Dalam penggambaran desain interiornya, saya banyak memakai bata ekspos sebagai aksen pada dinding ruang tamu dan ruang keluarga. Dinding bata ekspos ini bisa dibuat dari bata sungguhan atau bata tempelan. Kesannya yang dingin menyejukkan mungkin sesuai untuk dipadankan dengan sedikit pajangan etnik.

Untuk desain tampilan depan rumah, saya menggunakan aksen berupa kisi-kisi secondary skin, di mana selain sebagai unsur estetika, juga sebagai penahan panas matahari. Perpaduan material batu alam dan kesan cokelat kayunya bisa menjadikan rumah ini terlihat lebih natural, sesuai konsep arsitektur modern tropis yang diaplikasikan. Demikian yang bisa saya buatkan untuk Bapak. Semoga bisa membantu dalam merencanakan pembangunan rumah tinggalnya.

Salam dari Astudio, Probo Hindarto