Edisi 13-09-2017
Jadi Tambang Uang


DEWI fortuna amat dekat dengan Ed Sheeran bahkan sejak dia mulai berkarier di dunia musik. Dari tahun ke tahun, pencapaian Ed patut diacungi jempol, terlebih album “Divide” pada tahun ini menanjak tangga lagu.

Tidak lupa pula penampilan cameo-nya dalam Game of Thrones Season 7. Tidak mengherankan, seniman Inggris ini telah membangun kekayaan yang cukup besar. Menurut majalah OK!, kekayaan penyanyi ini diestimasi sekitar Rp800 miliar.

Namun, dibalik kesuksesannya, sahabat baik James Blunt dan Taylor Swift ini cukup melindungi privasinya berkaitan dengan kehidupan personalnya, termasuk hubungan asmaranya dengan Cherry Seaborn yang telah dikencaninya sejak 2015. Salah satu tambang emasnya adalah album baru Ed yang terjual lebih dari 432.000 kopi hanya dalam waktu kurang dari seminggu.

Album ini menjadi album yang penjualannya paling cepat tahun ini. Ya, album “Divide” Ed Sheeran menjadi album yang paling laris tahun ini. Belum jelas berapa pound sterling yang berhasil diraup dari penjualan album terakhirnya tersebut.

Yang jelas, Ed menetapkan target penjualan albumnya harus melebihi penjualan album milik Adele yang mendapatkan hampir Rp2 miliar hanya dalam waktu sehari pada 2016 lalu setelah album Adele menjadi album dengan penjualan tercepat di Inggris Raya. Apa saja sumber uang Ed lainnya? Jawabannya adalah tur.

Ed memulai turnya pada tahun ini yang sudah diperkirakan akan menghasilkan pundi-pundi uang dengan nominal luar biasa. Pada 2015, The Mirrormelaporkan Ed menghasilkan Rp1 miliar selama 17 bulan dalam tur Multiply (?) yang dijalaninya. Sebagai musisi, Ed terbilang produktif, terlebih dia juga aktif menulis lagu untuk dirinya maupun penyanyi lain.

Taylor Swift, Justin Bieber, dan One Direction merupakan beberapa penyanyi dan band yang pernah dia tuliskan lagu. Di samping itu, Ed juga mendirikan perusahaan Ed Sheeran Limited dan Nathan Cable Touring.

Perusahaannya ini dikabarkan mendapat perputaran hingga Rp259 miliar tahun kemarin dan laba Rp190 miliar. Setelah resmi menutup Nathan Cable, penyanyi ini malah mengantongi Rp153 miliar. Ed kini tengah menyiapkan label rekaman sendiri yang bernama Gingerbread Man Records.

sri