Edisi 13-09-2017
Kreasi Riasan Avant Garde


RIASAN wajah bisa dikreasikan dalam karya seni eksperimental yang disebut avant garde. Inspirasi riasan wajah sehari-hari atau bahkan riasan untuk merayakan Halloween pun bisa datang dari kreasi make-up avant garde tersebut.

Make-up artistinternasional sekaligus make-up artistavant garde, Roshar, menuturkan, avant garde berasal dari kata advance guardyang merupakan bentuk kata sifat yang digunakan dalam bahasa Inggris. Kata sifat tersebut digunakan untuk merujuk kepada orang atau karya yang eksperimental atau inovatif.

Tujuannya untuk penghormatan terhadap seni, kultur, hingga alam. “Riasan avant garde tidak hanya dihiasi aksesori, juga diwarnai riasan eksperimental penuh kreasi dari individu yang menciptakannya,” ujar Roshar, saat ditemui di acara NYXProexclusive, di Kuningan, Jakarta, Senin (11/9).

Pria yang pernah merias wajah Katy Perry dalam video klip bertema “Alien” ET ini menyebutkan, karakteristik make-up avant garde-nya memiliki ciri khas permainan campuran warna eyeshadowdan highlighter, serta lipstik yang dilukis mengikuti bentuk mata dan bibir. “Palet yang sering saya gunakan lebih ke warna-warna berani, seperti ungu dan putih, gold, dan kuning. Lalu ada pula permainan nuansa cokelat, dark purple, serta hitam,” ujar Roshar.

Dari banyaknya elemen make-up dan warna yang Roshar gunakan, biasanya ia memfokuskan pada tampilan mata yang terlihat besar. Roshar mengatakan, hal paling dasar untuk membuat mata lebih besar dan menonjol adalah dengan mengaplikasikan eyelinerputih di waterline. Dia menyarankan untuk memilih eyeliner putih yang warnanya kekuningan supaya hasilnya lebih natural.

“Selanjutnya bubuhkan eyeshadow di crease atau lipatan mata. Usahakan mata terbuka, jangan dipejamkan saat membubuhkan eyeshadow,” ujar Roshar. Saran lain yang diberikan Roshar untuk membuat tampilan mata terlihat lebih besar, yakni dengan membubuhkan warna terang tepat di kelopak mata bagian tengah.

Caranya adalah setelah membuat creasedengan warna cokelat gelap, maka bisa menggunakan eyeshadowterang di kelopak mata di bagian tengah saja. “Ini akan membuat mata Anda tampak lebih bulat,” tutur laki-laki yang karya-karya make-up avant garde-nya dipublikasikan di majalah Vogue, Harpers Bazaar, Elle, Glamor, dan InStyle ini.

Dalam beberapa karyanya yang ia unggah ke akun Instagramdan roshar.com, Roshar rela memutihkan seluruh tubuh sang model, kemudian menghiasinya dengan tulisan angka, huruf, dan simbol. Adapun di bagian wajah, pria yang bekerja sama dengan banyak brandmake-up seperti NYX, Make up For Ever, CoverGirl, Paul Mitchell, L’Oreal, Wella, dan Yaby Cosmeticsini hanya menambahkan lipstik dengan palet merah yang memberikan kesan tegas untuk look tersebut.

“Untuk memberi kesan eksperimental, saya juga menggunakan rambut palsu, kalung, anting, gelang, serta topi sebagai aksesori pilihan saya,” ujar Roshar. Selain Roshar, ada pula make-up artist lain yang menciptakan berbagai kreasi make-up avant garde, yakni Lyle Reimer. Pria berusia 36 tahun ini merupakan make-up artist yang bekerja di bagian artistik di label make-up ternama, M.A.C.

Ia mengombinasikan teknik seni melukis abstrak dan bakat merias wajah untuk menghasilkan keunikan yang tidak mudah dilupakan. “Untuk memberikan kesan eksentrik, saya menggunakan aksesori pendukung seperti topi, anting, kalung, rambut palsu, bulu mata palsu, robekan kertas majalah, kantong karton belanja, dan barang-barang rumahan yang dibentuk secara artistik.

Hal ini memberikan kesan unik sekaligus glamor,” ujar Reimer, seperti dilansir dari akun Instagram-nya, . Ada pula Alex Box, make-up artist yang memiliki lebih dari 122 ribu followersdi akun Instagram-nya. Dia dikenal sebagai make-up artistyang mempunyai karakter eksentrik pada setiap karyanya. Salah satu karyanya yang paling populer adalah skull make-up.

Karya make-upini bahkan menjadi inspirasi dari motif kemasan minuman Jose Cuervo edisi terbatas yang dirilis pada 2006 silam. Box mengaku sering menggunakan contouring shadowdengan eyeshadow berwarna conventional blue.

Hal selanjutnya yakni dia membentuk pola lukisan, seperti bunga di bagian mata, motif jahitan di bagian bibir, dan hati serta hiasan lilin sebagai pelengkap penampilan. “Untuk menciptakan berbagai pola lukisan ini, Anda harus menggunakan dasar make-upyang diaplikasikan secara tepat,” ujar Box dalam akun Instagram-nya, .

dwi nur ratnaningsih