Edisi 13-09-2017
Kreativitas Tanpa Batas Desainer Muda


KREATIVITA Spara mahasiswa cenderung out of the box namun tetap disesuaikan dengan tren industri saat ini.

Hal ini terlihat di ajang Creative Week 2017 oleh LaSalle College Jakarta pada pertengahan Agustus lalu di atrium Food Society Kota Kasablanka, Jakarta. Terdapat 10 booth para mahasiswa tingkat akhir yang tergabung dalam Fashion Bazaar dari program Fashion Business, lalu dua booth dari tiga brand alumni Fashion Business, serta satu booth dari alumni Fashion Design yang terdiri dari empat desainer.

Di antaranya label 1000F, Bureaucrat, Sabba, Leontine, Minushea, dan Acid Bones. Program Director Fashion Design LaSalle College Jakarta Shinta Djiwatampu menyebutkan, para mahasiswa diharuskan menciptakan koleksinya sendiri. “Kami juga melakukan field trip ke beberapa daerah, misalnya ke Pekalongan,” sebutnya yang mengatakan mahasiswanya harus tahan banting untuk berkarier sebagai desainer.

Shinta menyebutkan ada juga koleksi unik yang dipamerkan di ajang Creative Week tersebut. “Kami ke perbatasan Vietnam dan China, lalu membawa kain khas kedua negara dan dibuat koleksi yang unik, yakni warna-warni namun tetap elegan,” paparnya yang menjelaskan konsep belajar adalah 80% praktik membuat busana.

Event Creative Week 2017 inimenampilkan desain-desain terbaik melalui berbagai kegiatan dan rangkaian kegiatan interaktif. Dalam acara ini, pengunjung Kota Kasablanka, sekaligus undangan dapat menyaksikan dan mengalami konsep holistik desain, yang dipersembahkan oleh Program Fashion Design, Fashion Business, Artistic Make Up, Interior Design, Digital Media Design, dan Photography.

Tidak hanya bazar dari program fashion, program lain, yaitu Interior Design mengadakan pameran dan furniture bazaar dari para mahasiswanya. Body Painting Performance dikerjakan oleh alumni Artistic Make Up. Seminar “How to do Fast Sketch” adalah melakukan sketsa cepat hanya dalam 10 detik oleh Digital Media Design.

Para mahasiswa program Photography menawarkan jasa fotografi seperti di bidang wedding, portrait, baby and kids. Sementara itu, Richard Kaunang, Program Design Fashion Business LaSalle College Jakarta, saat konferensi pers mengatakan saat ini beberapa alumni LaSalle juga berkarier di PT Mitra Adi Perkasa dan Brand Zara.

“Ada juga yang jadi presenter. Jadi memang di LaSalle College, para mahasiswa memang dilatih untuk bisa mengembangkan diri dan siap berkarier di dunia kerja,” urainya. Dalam acara konferensi pers tersebut, hadir juga Katherina Suteja, Program Director Interior Design, lalu Teddy Suteja, Program Director Digital Media Design, dan Jeky Liem, Program Director Photography.

sali pawiatan