Edisi 20-09-2017
Negara dengan Tingkat Kanker Payudara Tertinggi


Kanker payudara adalah tumor ganas yang paling umum di kalangan wanita di negara maju. Di sisi lain, meski sangat jarang, laki-laki juga bisa menderita kanker payudara. Menurut data WHO, diperkirakan lebih dari 508.000 wanita meninggal pada 2011 akibat kanker payudara.

Berikut 10 negara dengan tingkat penderita kanker payudara tertinggi di dunia pada 2015.

1.Belgia

Pada 2015, Belgia tercatat sebagai negara dengan penderita kanker payudara tertinggi di dunia per 100.000 penduduk per tahun. Sama seperti di Islandia, di negara tetangga Belanda ini angka kematian kanker payudara telah dipantau sejak 1954. Diperkirakan 1 dari 7 wanita memiliki kecenderungan menderita kanker payudara, sementara jumlah wanita yang bertahan hidup hingga lima tahun setelah diagnosis pertama adalah 41.418.

2.Denmark

Denmark adalah negara dengan penderita kanker secara umum tertinggi di dunia. Menurut penelitian WCRF ( World Cancer Research Fund International), sebanyak 338 per 100.000 orang didiagnosis menderita kanker pada 2012. Jumlah wanita yang bertahan hidup hingga lima tahun setelah diagnosis pertama adalah 20.714.

3.Prancis

Jumlah wanita yang mampu bertahan hidup hingga lima tahun setelah diagnosis pertama kanker payudara adalah 230.385. Jenis kanker ini adalah penyebab utama kematian terkait kanker di Prancis. Tingkat kematian kanker payudara meningkat dari 80% menjadi 87% dalam beberapa tahun terakhir.

4.Belanda

Di negeri kincir angin ini jumlah wanita yang mampu bertahan dari kanker payudara setelah diagnosis pertama adalah 57.493 orang. Meski demikian di Belanda masih ada sekitar 3.000 wanita meninggal karena kanker payudara setiap tahunnya dan diperkirakan 1 dari 8 wanita cenderung terkena kanker payudara pada tahap tertentu dalam hidupnya.

5.Bahamas

Di negara kawasan Karibia ini jumlah wanita yang bertahan hidup hingga lima tahun setelah diagnosis pertama kanker payudara tidak disebutkan dalam laporan WCRF. Meski demikian, negara ini tidak termasuk di antara 20 negara dengan jumlah wanita yang bisa sembuh dari kanker payudara.

6.Bahamas

Di negara kawasan Karibia ini jumlah wanita yang bertahan hidup hingga lima tahun setelah diagnosis pertama kanker payudara tidak disebutkan dalam laporan WCRF. Meski demikian, negara ini tidak termasuk di antara 20 negara dengan jumlah wanita yang bisa sembuh dari kanker payudara.

7.Inggris

Inggris menjadi salah satu negara dengan tingkat kanker payudara tertinggi di dunia. Jumlah wanita yang masih hidup hingga lima tahun setelah didiagnosis kanker payudara adalah 200.286. Namun, menurut Cancer Research Center di Inggris, diperkirakan jumlah tersebut kemungkinan akan meningkat menjadi 210 kasus per 100.000 wanita pada 2035.

8.Barbados

Jumlah wanita yang bertahan hidup hingga lima tahun setelah diagnosis kanker payudara adalah 754. Tingkat kematian tahunan per 100.000 orang terkena kanker payudara di Barbados meningkat 29,9% sejak 1990. Rata-rata, setiap tahun berarti meningkat 1,3%.

9.Amerika Serikat

Jumlah wanita hidup hingga lima tahun setelah di diagnosis kanker di AS adalah 200,286. Diperkirakan sekitar 252, 710 kasus baru kanker payudara invasif diperkirakan akan terdiagnosis, dengan 63.410 kasus baru kanker payudara non-invasif.

10Irlandia

Secara umum, sekitar 2.600 wanita didiagnosis menderita kanker payudara setiap tahunnya, dan jumlah mereka yang meninggal adalah sekitar 660. Di sisi lain, jumlah wanita yang hidup setelah lima tahun didiagnosis di Irlandia adalah 11.926. Secara statistik, 1 dari 10 wanita di Irlandia terkena kanker payudara pada tahap tertentu dalam kehidupan mereka, kemungkinan besar berusia 50-an.

Teknologi Baru Pengobatan Kanker Payudara

Pengobatan kanker payudara yang merupakan jenis kanker paling banyak ditemukan pada kaum wanita telah memasuki era pengobatan minimal invasif. Teknologi ini telah banyak diterapkan di beberapa negara seperti China.

1.Cryosurgery

Cryosurgery disebut juga “Pisau Ar-He”, merupakan metode yang menggunakan gas argon dan helium, secara cepat membekukan dan menghancurkan tumor, serta membuat tumor mati. Metode ini merupakan teknologi pengobatan bertarget yang menggunakan standar FDA Amerika, menghindarkan pasien dari luka akibat operasi, efektif membunuh tumor secara keseluruhan, mencegah penyebaran tumor dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh pasien. Metode ini dapat dikombinasikan dengan metode pengobatan lainnya.

2.Imunoterapi

Imunoterapi tidak hanya dapat membunuh sel kanker, membersihkan sisa-sisa sel kanker, serta mencegah kekambuhan dan penyebaran kanker, tetapi juga dapat memulihkan dan membangun kembali sistem kekebalan tubuh pasien, serta mengontrol pertumbuhan kanker payudara.

3.Microwave Ablation (MWA)

Microwave Ablation (MWA) menggunakan jarum elektroda yang akan dimasukkan ke dalam pusat tumor, jarum ini akan memancarkan radiasi dalam dosis rendah, meningkatkan suhu tumor, memadatkan protein tumor dan membuat tumor menjadi mati.

4.Intervensi

Intervensi hanya membutuhkan luka sayatan sekitar 1-2mm. Dipandu dengan alat pencitraan medis, dokter akan melakukan diagnosa dan pengobatan secara lokal. Teknik Embolisasi tidak hanya dapat meningkatkan tingkat konsentrasi obat pada bagian lokal tumor (10 kali lebih tinggi dari kemoterapi sistemik), tetapi juga dapat menghambat pembuluh darah penyuplai nutrisi tumor, serta meminimalisir efek samping yang ditimbulkan.

Rumah Sakit Kanker Terbaik Di Dunia

1.University of Texas MD Anderson Cancer Center, Amerika Serikat (AS)

Diakui sebagai rumah sakit kanker nomor satu di dunia, University of Texas MD Anderson Cancer Center memiliki misi fokus pada teknologi laser untuk menghilangkan berbagai kanker. Didirikan pada 1941, MD Anderson Cancer Center dapat menampung lebih dari 600 pasien kanker dengan lebih dari 26.000 orang pasien dengan usia lanjut setiap tahunnya. Beberapa perawatan kanker ground-breaking meliputi terapi proton laser, terapi terminasi interstisial, transplantasi sel punca, percepatan iradiasi payudara parsial (APBI), dan terapi radiasi tubuh stereotactic (SBRT).

2.Memorial Sloan Kettering Cancer Center, AS

Terletak di New York City, Memorial Sloan Kettering Cancer Centre adalah salah satu rumah sakit kanker terkemuka di AS. Rumah sakit ini bisa menampung lebih dari 470 pasien. Memorial Sloan dikenal sebagai pusat kanker swasta tertua dan terbesar di dunia. Beberapa perawatan kanker termasuk operasi dengan bantuan robot, operasi akses minimal, terapi radiasi intraoperatif, teknologi pencitraan intraoperatif artemis, dan blokade kekebalan tubuh terapi blockade ada di rumah sakit ini.

3.Johns Hopkins Sidney Kimmel Comprehensive Cancer Center, AS

Berkantor pusat di Baltimore, Maryland, Rumah Sakit Johns Hopkins Sidney Kimmel Comprehensive Cancer Center adalah salah satu fasilitas kanker utama di AS. Rumah sakit yang mampu menampung lebih dari 980 pasien ini memiliki spektrum program khusus untuk orang dewasa dan anak-anak penderita kanker. Di antara perawatan lanjutan rumah sakit adalah peraturan siklus sel, operasi kanker dengan bantuan robot, perbaikan DNA, transduksi sinyal, plasmapheresis, imunologi, transplantasi sel punca, dan penelitian vaksin melanoma.

4.Abramson Cancer Center, AS

Terletak di Rumah Sakit Universitas Pennsylvania, Abramson Cancer Center dikenal dengan inovasi, teknologi terdepan, dan kedokteran translasional. Pusat Kanker Abramson adalah rumah bagi lebih dari 400 ilmuwan dasar, translasi, dan klinis yang bekerja tanpa kenal lelah untuk mengetahui patogenesis kanker.

5.Roswell Park Cancer Institute, AS

Roswell Park Cancer Institute adalah pusat kanker pertama di AS. Didirikan pada 1898, institute meluncurkan uji coba klinis pertama di AS untuk perawatan kanker paru-paru yang disebut vaksin CIMAvax-EGF®. Beberapa teknologi kanker canggih yang dimiliki sumah sakit ini termasuk kyphoplasty balon, stimulasi saraf elektro, radiologi intervensi, terapi fotodinamik endoskopi lanjut, pulmonologi intervensi, dan kedokteran nuklir.

6.Spanish National Cancer Research Center, Spanyol

Terletak di Madrid, Spanyol, Pusat Penelitian Kanker Nasional Spanyol (CNIO) dikenal menerapkan perawatan berteknologi maju untuk pasien kanker. Pusat Penelitian Kanker Nasional Spanyol dikenal dengan teknologi canggih termasuk biologi struktural dan biokomputasi, sitogenetika, sekuensing DNA, pemrosesan histopatologi tingkat lanjut, perawatan tumor anak, dan genetika kanker manusia.

KORAN SINDO/BOBBY FIRMANSYAH