Edisi 12-10-2017
Media Sosial dan Media Online Bisa Saling Bersinergi


JAKARTA - Okezone menggelar Okezone Goes to Campus di Universitas Al-Azhar, Jakarta Selatan, kemarin.

Hadir sebagai pembicara Pemimpin Redaksi Okezone.com Muhammad Budi Santosa, dosen Ilmu Komunikasi Universitas Al- Azhar Nanang Haroni, dan Youtuber muda Indonesia Alif B Force atau Alif Rizky.

Dalam kesempatan itu, Budi Santosa menilai media sosial (medsos) dan media online bisa bersinergi dan saling menguntungkan. ”Fenomena media sosial ini sungguh luar biasa,” katanya di Jakarta kemarin. Keuntungan medsos untuk media online yakni material atau bahan berita.

”Nah, fungsi media online adalah mengonfirmasi apakah kabar di media sosial itu benar atau tidak benar (hoax ),” ucapnya. Dia mengakui arus informasi di media sosial jauh lebih cepat daripada media online . Namun, kabar di media sosial belum tentu semuanya benar.

”Kelebihan (media) online apa? Harus tepat, verifikasi. Kita berpegang teguh dengan kaidahkaidah jurnalistik,” kata Budi. Direktur News and Content Okezone.com Sylviana Pravita mengatakan, acara yang digelar rutin dua bulan sekali ini memilih Universitas Al-Azhar karena kampus ini menjadi salah satu kampus yang memiliki mahasiswa aktif dalam berinternet.

”Kita melihat Okezone.com pasarnya anak-anak muda sehingga sangat tepat bila memang diadakan di Al-Azhar,” ujarnya. Konten yang disediakan Okezone. com sangat tepat untuk kalangan muda mengingat konten berita yang sangat mudah dibaca dan mengerti sekaligus tepat untuk mencari pengetahuan.

”Dengan membedah apa sih Okezone.com diharapkan mereka tetap setia membaca Okezone. com,” tuturnya. Rektor Universitas Al-Azhar Asep Saefuddin mendukung acara ini. Apalagi, perkembangan zaman yang saat ini membutuhkan sesuatu yang sangat cepat.

”Kita tidak lagi harus terus-terusan mengikuti yang konvensional, tapi juga harus mengikuti perkembangan zaman,” ujarnya. Terkadang dia juga meminta mahasiswa tidak hanya memahami teori karena teori bisa berbeda dengan faktanya.

”Kalau memang itu sangat bermanfaat mungkin akan ada teori baru lagi dari apa yang ditemukan,” ucapnya. Ke depan pihaknya sudah membicarakan dengan Okezone. com untuk menempatkan mahasiswa magang di kantor Okezone.com seperti mahasiswa hubungan internasional dan ilmu komunikasi serta ilmu komputer. ”Selesai magang, bahan magangnya bisa dijadikan skripsi,” kata Asep.

helmi syarif/okezone




Berita Lainnya...