Edisi 12-10-2017
Inspektorat Daerah Akan Setingkat Sekda


JAKARTA –Upaya penguatan ins pektorat sebagai pengawas internal pemerintah daerah terus dilakukan. Agar lebih berdaya, pemerintah berencana menaikkan posisi inspektorat agar setara dengan sekretaris daerah.

Selain itu, status inspektorat tidak lagi murni pegawai pemda, tapi juga sebagai wakil pusat (kuasi vertikal). Selama ini inspektorat dinilai kurang ”bertaring” mengawasi berbagai bentuk penyelewengan daerah karena posisi dan statusnya masih di bawah kendali kepala daerah.

Kondisi tersebut membuat kepala dan jajaran inspektorat ewuh pakewuh dalam menindak berbagai dugaan penyimpangan dilingkungan pemerintah daerah baik di tingkat kabupaten/kota maupun tingkat provinsi.

Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sri Wahyuningsih mengatakan, peningkatan eselonering dibutuhkan agar independensi inspektorat daerah terjaga. ”Kita akan naikan setara sekda karena selama ini inspektorat dinilai lemah independensinya.

Posisi sebelumnya dibawah sekda,” katanya saat konferensi pers Tiga Tahun Pemerintahan di Kantor Kemendagri kemarin. Selain masalah kepangkatan, Sri menuturkan inspektorat akan ber status kuasi vertikal, yang dalam hal pengangkatan inspektorat didaerah akan dilakukan secara berjenjang, tidak lagi diangkat oleh kepala daerah bersangkutan.

”Peng angkatan inspektorat provinsi akan diangkat oleh menteri da lam negeri (men dagri) atas usulan gubernur. Sementara untuk kabupaten/kota diangkat gubernur atas usulan bupati/ walikota,” jelasnya. Tidak saja itu, pelaporan terkait dugaan tindak pidana korupsi juga akan dilakukan berjenjang.

Dalam hal ini, pelaporan inspektorat provinsi kepada mendagri melalui irjen, sementara inspektorat kabupaten/kota kepada mendagri melalui inspektorat provinsi. ”Untuk penguatan ini, kita akan merevisi Peraturan Pemerintah (PP) 18/ 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” katanya.

Sebelumnya, Deputi Bidang Pencegahan KPK Pahala Nainggolan juga mengusulkan agar inspektorat setingkat dengan sekda. Pasalnya, pengawasan inspektorat masih jauh dari harapan.

Bahkan, laporan inspektorat kepada KPK kalah jauh dari laporan masyarakat. ”Kita usulkan supaya inspektorat itu setingkat dengan sekda. Jadi, dia lebih independensi dan lebih terjaga,” paparnya.

dita angga



Berita Lainnya...