Edisi 12-10-2017
Hadapi Tantangan dengan Implementasi Teknologi


Perkembangan teknologi telah menyentuh berbagai lini bisnis termasuk asuransi. PT Zurich Topas Life Indonesia (ZTL) pun tak mau ketinggalan untuk mengimplementasikan teknologi digital dalam menjawab tantangan yang saat ini dihadapi.

Salah satunya dengan mempersiapkan transformasi digital yang strategis untuk menyediakan solusi satu pintu dalam bentuk aplikasi bagi konsumen dan tenaga pemasar. U ntuk mengetahui lebih jauh me - nge nai bisnis ZTL serta bagaimana strategi ZTL meng ha dapi per saingan dan merebut pangsa pasar di Indonesia. Berikut petikan w wancara KORAN SINDO dengan Director, Chief Ope rating Officer and Chief Strategy Officer Zurich Topas Life Sutikno Widodo Sjarif.

Bisa diceritakan awal karier Anda hingga masuk ke dunia asuransi? Apa be danya perkembangan asuransi dulu dan sekarang?

Tahun 2001, saya masuk ke salah satu per - usa haan asuransi terbesar di dunia. Ke mu di - an pada awal tahun 2017, saya memutuskan pin dah dan bekerja di ZTL. Kalau bicara bis - nis asuransi sekarang dan dulu itu per be da - an nya terletak di teknologinya. Saat ini kebanyakan asuransi di Indonesia multicompany,seperti joint venture dengan par t ner. Menurut saya, perusahaan asuransi di Indonesia sudah mulai bangkit dan salah satu pemicunya adalah teknologi. Pasalnya, tek nologi merupakan kunci dari solusi atas ber bagai macam tantangan, termasuk dalam kait an dengan proteksi dan kesehatan. Teknologi bisa membantu kita meng hi - lang kan jarak dan pembatas. Kita bisa lebih mu dah berkomunikasi dan menyampaikan in formasi kepada orang yang berada jauh dari diri kita. Kita juga dapat memahami ber - ba gai data, informasi, dan berbagai ta n tang - an melalui teknologi sehingga menghasilkan so lusi yang terbaik dan paling efisien.

Akan tetapi, teknologi juga salah satu tan - tang an kita. Sekarang ini masyarakat Indonesia cer das dan pintar karena semua di ”kros cek kem - ba li”. Ambil contoh, jika ke dokter dan ke mu dian dikasih advice,maka kita kroscek lagi de n gan google.Karena itu, ZTL harus mem pu nyai sales distribution yang bisa menyamai kebu tuhan mere ka. Karena ka lau tidak, ya akan ketinggalan.

Lalu, Bagaimana kesiapan Zurich dalam menghadapi potensi persaingan bis nis lewat teknologi/digital?

Kita juga memanfaatkan teknologi untuk me lakukan edukasi. Zurich memiliki be be ra - pa kegiatan dengan komunitas serta prog - ram kelas asuransi online gratis bersama Ha - ru kaEdu, karena semua orang kini bisa be la - jar akan pentingnya proteksi, mengenal, ser - ta melindungi diri dari risiko sejak dini lewat plat form digital. Di Zurich, kami telah mempersiapkan trans formasi digital yang strategis dengan tu - ju an menyediakan solusi satu pintu dalam ben tuk aplikasi untuk konsumen dan tenaga pe masar. Salah satunya adalah aplikasi Te - man baik, aplikasi yang menyediakan in for - masi dan wawasan baru mengenai pro tek si, baik untuk konsumen dan agen yang bi sa di - un duh gratis melalui Play Store dan App Store.

Dalam aplikasi ini kita bisa mendapat in - for masi produk, update terbaru, dan kanal la - yan an konsumen. Bahkan, lewat aplikasi ini na sabah bisa dengan mudah berkomunikasi de ngan kami. Aplikasi yang kedua adalah Zu - rich Pro, yaitu platform penjualan digital. Me - l a lui platform ini, tim penjualan dari agen dan bank dapat menyediakan akses lebih mu dah ba gi nasabah untuk mengakses in for ma si dan ilus trasi produk sampai memproses peng aju - an polis dan pembayaran secara online.

Ada strategi untuk bertahan di era per saingan ini?

Kunci utamanya adalah inovatif. Kami akan terus berusaha menelurkan inovasi dan ini siatif baru untuk meningkat per tum buh - an kinerja ZTL. Selain itu, bagi saya, yang pa - ling penting adalah konsumen. Bagaimana ka mi menciptakan sebuah perusahaan yang mengutamakan kepuasan konsumen. In ves - tasi yang terbaik pun adalah investasi untuk me muaskan konsumen. Karena saya me ya - kini kepuasan konsumenlah yang akan mem - bantu kami dalam mengembangkan bisnis, ju ga mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya proteksi.

Dalam menjalankan bisnis, Zurich selalu men coba mendukung misi pemerintah In do - ne sia, salah satunya dalam hal penetrasi in klu - si dan literasi keuangan nasional ke ma sya ra - kat. Seperti yang kita ketahui, saat ini OJK m e - nar getkan bisa meraih 75% tingkat li terasi dan inklusi keuangan pada tahun 2019. Hing - ga 2016, data OJK mencatat tar get tersebut te lah tercapai sebesar 67,8% un t uk inklusi ke - uangan dan 29,6% untuk li te r a si keuangan. Dari data tersebut bisa di sim pul kan bahwa sudah mulai ada gerakan aktif ma syarakat menggunakan produk ke uang an. Bagi kami, ini adalah peluang untuk bisa men jaring pasar.

Bagaimana visi Anda untuk bisnis Zurich Topas Life di masa mendatang?

Melalui berbagai produk dan inisiatif yang ka mi tawarkan, Zurich berkeinginan agar ke - lak masyarakat bisa lebih piawai dalam me - ren canakan masa depan, baik bagi diri sen di - ri dan orang-orang yang mereka cintai. Kami me lihat para nasabah tidak hanya sebagai pang sa pasar yang dihadapkan pada beragam pro duk, tetapi juga secara aktif menjadi ba gi - an yang mendukung terwujudnya inklusi fi - nan sial lewat proteksi. Selain itu, Zurich di Indonesia memiliki jang kauan layanan lengkap dan kom pre hen - sif, selain asuransi jiwa dari Zurich Topas Life, ka mi juga melayani asuransi umum di bawah naung an Zurich Insurance Indonesia.

Bersama dengan Zurich Insurance In do - ne s ia, kami senantiasa fokus memberikan ti - ga hal utama kepada para nasabah, yakni mem berikan proteksi cerdas lewat produk ino vatif dan kapabilitas layanan digital. Lalu, komitmen berkelanjutan terhadap edukasi soal proteksi dan risiko. Kemudian Zurich se - bagai partner asuransi yang terpercaya di bawah jaringan Zurich Global.

Apakah Zurich memiliki sistem online klaim untuk mempermudah nasabahnya mengurus proses klaim dengan cepat?

Kami sekarang sedang mempersiapkan la yanan digital yang lebih menyeluruh bagi kon sumen. Nanti proses klaim bisa di la ku - kan dengan cara online melalui aplikasi atau por tal yang akan mudah diakses para na sa - bah kami. Namun, paling penting adalah ka - mi selalu terus mengutamakan proses klaim yang sangat cepat bagi konsumen. Service Le - vel Agreement (SLA) untuk minor claim (hospital, medical claim, etc di luar death claim)adalah 5 hari setelah seluruh berkas peng aju an kami terima dan untuk mayor (semisal death claim, ect)adalah 10 hari.

Seperti apa perkembangan dan kinerja jalur distribusi Zurich Topas Life di Indonesia dan apa target yang ingin dicapai?

ZTL memiliki tenaga pemasaran pro fe sio - nal dan didukung mitra bank berkualitas yang me nger ti akan kebutuhan nasabah. Hing ga se karang sudah ada lima bank yang be kerja sa ma de ngan kami dan akan te rus ka - mi ting kat kan ke depannya. Se lain itu, ka mi ju ga me miliki lebih da ri 3.500 agen aktif. Secara bisnis kami menilai kanal dis tri busi perbankan memiliki po - ten si kontribusi premi yang sig nifikan. Ta hun 2016 lalu, jalur bancassu rance ka mi meningkat sebesar 133% dibanding tahun sebelumnya.

Harapan kami, tahun 2017 ja - lur ini bi sa me nyum bang sebesar 33% da ri to tal An nua lized Premium Equi va len (APE). Secara garis besar, kami me - nar getkan per tum buhan pe n da - pat an rasional, te r utama da ri sek tor premi. Dari jalur keagen - an me nyumbang premi sebesar APE Rp70 miliar pada se mes ter per tama 2017 dan ber tum buh se be sar 69% di ban ding kan de - ngan tahun sebe lum nya. Da ri se gi distribusi pa da masa men d a tang, Zurich me narget kan untuk me ningkatkan ka nal pen jualan le wat perbank an sebesar 52%.

Apa yang membedakan produk ZTL de ngan asuransi yang lain?

Strategi mul t i dis tri busi ZTL me nye dia kan na sa bah beragam pilihan un tuk mendapatkan produk-pro duk asu ran si dari ZTL. Pro duk ka - mi bisa dengan mu dah dikenali dan di ak ses oleh para na sa bah, mi - sal nya da ri latar be la kang UKM, me re - ka bi s a meng ak ses asuransi ji w a kre d - it (Pro tek siKu dan Pro tek siKu Te tap); dari segmen anak muda, bi sa mengakses pro duk asu ran si mo dern ber jang ka yang ter jang kau (Pro tek si 8); bagi peng usa h a atau pro fesional ka mi me miliki pro duk yang se suai (Zu rich Pro-Fit 8 dan Pres ti gio), bah - kan bagi na sa bah eks pa triat pun Zu - rich me mi liki produk yang se suai ba - gi ke butuhan mereka.

Zurich akan selalu ber upa ya mem berikan akses pro teksi se ba - nyak mung kin kepada masyarakat In donesia. Tahun ini kami ju ga gencar m e lun cur kan pro duk atau pun kerja sa ma dengan partner ba ru, sa - l ah satunya dengan In ves tree. Kerja sama ini ka mi rancang se bagai pem bu ka jalan untuk mem be ri kan proteksi ke pa da kre di tur Investree yang may o ri tas adalah pe laku bisnis UMKM.

Intinya, dalam menja lankan bisnis, Zurich bergerak secara di na mis untuk menyediakan per lin dungan komprehensif yang meng ikuti kebutuhan nasabah. Produkproduk yang kami ta war kan ke pasar dira ncang untuk men jawab ma salah nasabah, tidak hanya sebagai produk pe lengkap di pasaran.

Kunthi fahmar sandy