Edisi 12-10-2017
Tayang Lebih Segar


AJANGpencarian bakat penyanyi terbesar di Tanah Air, Indonesian Idol, kembali akan tayang di RCTI pada 18 Desember mendatang. Acara ini akan hadir lebih segar dengan deretan juri baru.

Setelah vakum selama tiga tahun, ajang pencarian bakat Indonesian Idol kembali digelar tahun ini. acara ini semakin menarik dan berkualitas dengan menghadirkan wajah baru di deretan juri. Kali ini Indonesian Idol memercayakan kursi juri kepada penyanyi terbaik Tanah Air yang berbeda generasi dan genre sebagai penyanyi yang punya pengalaman dan jam terbang mumpuni, baik di industri musik Tanah Air maupun dunia. Hal menarik lainnya, konsep ajang Indonesian Idol Season 9 ini pun semakin agresif dan fresh dari season-season sebelumnya.

Terlebih, keterlibatan sederet penyanyi berpengalaman di industri musik Tanah Air duduk di bangku juri. “Indonesian Idol terakhir itu 2014 season 8, secara data memang program talent search paling panjang, bukan vakum sebenarnya, tapi ada periodenya. Periode kesembilan ini kualitasnya talent bagus-bagus, diimbangi deretan juri berkualitas,” ujar Dini Putri, Programing and Production Director RCTI, saat jumpa pers di MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, beberapa waktu lalu.

Lima penyanyi berkualitas dan memiliki jam terbang mumpuni yang duduk di bangku juri yang terpilih yakni Judika, Armand Maulana, Maia Estianty, Bunga Citra Lestari, dan Ari Lasso. Kelima juri baru ini dipercaya dapat memberikan tontonan yang lebih menarik. “Standar kami (memilih juri) itu diskusinya berbulan-bulan lamanya. Kalau Judika memang pertimbangan tersendiri, soalnya dia lahir dari Idol . Saya selalu memajukan kapasitas, misal dia banyak gimmick , aduh itu nggak deh, bukan RCTI banget .

Pertimbangannya, ada satu chemistry yang jika digabungkan akan menarik,” ucap Dini Putri. Judika Sihotang merupakan seorang penyanyi yang besar melalui ajang pencarian bakat Indonesian Idol . Dia bergabung pada musim kedua, yakni 2005. Kala itu dia menjadi runner-up dan (alm) Mike Mohede yang keluar sebagai juara. Kini setelah 12 tahun, ketika Indonesian Idol memasuki musim kesembilan, Judika ditunjuk menjadi salah satu jurinya. Dia menjadi penilai bersama para penyanyi kenamaan Tanah Air, seperti Ari Lasso, Armand Maulana, Maia Estianty, dan Bunga Citra Lestari. “Rasanya campur aduk, bangga, terharu, dan senang pastinya,” ujar penyanyi 39 tahun itu dalam press conference di MNC Studio Tower 1, Jakarta Barat, Senin (9/10) sore.

Kesempatan itu akan menjadi momentum bagi Judika untuk berbagi pengalaman bersama peserta lain. Suami Duma Riris Silalahi itu mengaku akan berbagi pengalaman untuk mendorong para kontestan lebih maksimal dalam kompetisi dan mencapai cita-cita mereka. Didapuk sebagai juri ajang pencarian bakat menyanyi produksi RCTI dan FremantleMedia membuat pelantun Sampai Kau Jadi Milikku itu bernostalgia ketika dia menjadi peserta. “Waktu audisi di Medan, ujian pertamanya mengantre bareng peserta lain. Saya menunggu sampai 12 jam sampai dipanggil untuk audisi,” tuturnya.

Menjelang bertugas menjadi juri, Judika mengungkapkan kriteria calon Idol yang dicari, yaitu paket komplet. Kualitas suara sudah tentu menjadi yang utama. Namun, attitute yang bagus dan mental juga diperhatikan. “Bagaimana dia mampu mengatasi tekanan ketika berada di panggung, itu juga menentukan,” kata dia. Penyanyi lain yang duduk di bangku juri ialah solois perempuan, Bunga Citra Lestari, yang terpilih mengisi jajaran juri baru acara Indonesian Idol 2017. Penyanyi yang akrab disapa BCL itu mengatakan bahwa ini adalah pengalaman pertamanya menjadi juri Indonesian Idol .

Dia mengaku bangga bisa terlibat sebagai salah satu juri karena dia memang penonton setia Indonesian Idol . “Deg-degan karena bangga, senang ikut bisa terlibat bersama senior. Aku memang penonton Indonesian Idol , jadi tahu gambarannya mau apa,” ujar Unge, sapaan akrabnya. Pada pengalaman pertamanya ini, BCL mengaku membagikan sesuatu secara gratis kepada para peserta. BCL rupanya banyak membagikan tips untuk bisa menjadi seorang penyanyi sukses di dunia hiburan. “Ini baru pertama kali, kebagian Bandung. Aku lihat ya ramai banget. Paling ramai dibanding audisi-audisi di kota lain,” ujar BCL belum lama ini.

“Mereka (peserta) tadi aku kasih tipstips menjadi seorang penyanyi dan idola. Bagaimana membangun kepercayaan diri selama berada di panggung. Bagaimana penampilan seorang idola. Kan enggak cuma bisa menyanyi dengan kualitas suara bagus doang , tapi juga harus punya rasa percaya diri besar,” paparnya. BCL menuturkan bahwa terkadang seorang penyanyi bisa merasa gugup di panggung seperti pernah dia alami. Karena itulah, BCL membagi tips bagaimana bisa selalu tampil percaya diri di depan penonton kepada para peserta. BCL mengaku ikut merasa bangga dengan para peserta Indonesian Idol.

“Saya bangga sekali karena semua terlihat sangat percaya diri untuk bisa menghadapi berbagai macam penyisihan sebelum akhirnya tampil di panggung spektakuler,” ucapnya. Juri lain, Ari Lasso, pun mengatakan, tugas seorang juri tidak hanya memberikan komentar, tetapi juga membantu peserta tampil lebih baik. “Ada satu hal yang harus digarisbawahi, tugas kami berlima menyangkut citacita orang. Akan seobjektif mungkin, mengasah yang bagus menjadikan lebih baik. Kami kerja sama, bukan komentar saja,” kata mantan vokalis Dewa 19 ini.

Thomasmanggalla