Edisi 12-10-2017
Kelihaian Mengemudi Paspampres


PASUKAN Pengamanan Presiden (Paspampres) butuh kemampuan mengemudi yang luar biasa dalam menjalankan tugasnya. Bagaimana cara mereka meningkatkan kemampuan mengemudi mereka?

Jangan ragukan kemampuan personel Paspampres mengendarai mobil untuk Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla. Masih ingat dengan film White House Down yang diperani oleh Jamie Fox dan Chaning Tatum? Di film tersebut, keduanya berusaha mengamankan staf dan Presiden Amerika Serikat dengan mengendarai mobil resmi kepresidenan Amerika Serikat, The Beast.

Chaning Tatum yang berperan sebagai Secret Service John Cale melakukan banyak manuver dengan mengendarai The Beast. Sebagai pasukan pengamanan presiden John Cale mau tidak mau harus memiliki skill mengendarai yang tidak sekadar biasa. Sebab, butuh kemampuan luar biasa untuk mengamankan orangorang berstatus VIP seperti seorang presiden. Kemampuan mengendara seperti itu memang bukan muncul begitu saja. Kemampuan tersebut butuh dilatih terusmenerus. Hal inilah yang dilakukan oleh PT Mercedes-Benz Indonesia saat melatih kemampuan mengemudi anggota Detasemen Peralatan Pasukan Pengaman Presiden (Paspamres) pada 26-28 September lalu di area JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Pelatihan bertajuk Guard Driver Training 2017 tersebut diikuti 20 personel Paspampres. Tidak tanggung-tanggung, puluhan Paspampres tersebut harus berlatih dengan segala jenis mobil, baik sedan maupun SUV. Mercedes-Benz menyediakan 5 unit kendaraan MercedesBenz terbaru dari tipe mobil E 250, E 300, S 400 L, GLE 250 d, dan GLE 400. Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari tersebut terbagi menjadi dua sesi, yakni sesi pengenalan teori dan sesi praktik mengemudi di lapangan.

Adapun sesi teori dilakukan di dalam tenda pasukan Paspampres dan dipimpin langsung Matthias Kleinmichel, Chief Instructor, Mercedes-Benz Guard Driver Training. Dalam sesi teori tersebut, Matthias membekali anggota Paspampres dengan pengetahuan dasar tentang sejarah kendaraan-kendaraan Mercedes-Benz mulai dari detail spesifikasi dan teknologi terbaru dari masing-masing tipe mobil yang digunakan. Semakin mereka mengenal mobil tersebut, maka semakin mudah mereka memaksimalkan kemam puan mobil dan skill mengemudi mereka.

Setelah sesi teori, puluhan anggota Paspampres langsung dibawa ke sesi praktik mengemudi. Sesi yang dilakukan di area lapangan JIExpo Kemayoran tersebut terbagi menjadi beberapa sesi, di antaranya emergency braking, emergency braking and swerving manoeuvre, lane change , dan handling parcours . Keempat sesi tersebut merupakan standar dari pelatihan Mercedes-Benz Guard Driver Training . Hebatnya para pasukan Paspampres melahap semua sesi tersebut dengan baik dan dapat merasakan pengalaman langsung dengan situasi yang dibuat sedemikian rupa sama dengan situasi yang akan mereka hadapi di lapangan.

“Tujuan pelatihan Guard Driver Training ini untuk meningkatkan kemampuan mengemudi dari para partisipan pelatihan dalam usahanya untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan dari penumpang VVIP yang dibawanya di dalam kendaraan. Selain itu, kami melatih para pengemudi untuk dapat mengatasi situasi berbahaya untuk menghindari situasi yang lebih kritis,” tutur Matthias Kleinmichel, Chief Instructor, Mercedes-Benz Guard Driver Training.

Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operation & Product Management PT Mercedes-Benz Indonesia, mengatakan pelatihan ini memang dilakukan untuk peningkatan kemampuan Paspampres. Jika suatu saat nanti terjadi masalah di tengah jalan, baik itu masalah teknis dari kendaraan maupun ancaman dari pihak luar, pasukan Paspampres sudah terlatih dan dapat mengatasinya dengan baik, serta bertindak sesuai standar prosedur keselamatan yang sudah ditetapkan.

“Mereka juga telah kami bekali pengetahuan khusus mengenai spesifikasi masing-masing kendaraan kepresidenan yang digunakan,” ujar Kariyanto.

Wahyu sibarani