Edisi 12-10-2017
Mitsubishi Bangkitkan Nama Evolution


MITSUBISHI akhirnya membangkitkan lagi nama Evolution. Sebelumnya Mitsubishi telah menghentikan nama Evolution di produksi terakhir Mitsubishi Lancer Evolution X pada 2016 lalu.

Kini, nama tersebut kembali digunakan di ajang Tokyo Motor Show 2017 pada akhir Oktober ini. Namun, nama Evolution tidak lagi dipasang di mobil sedan sport mereka. Alih-alih nama tersebut akan dipasang ke mobil konsep di segmen crossover . MMC menyebutkan, Mitsubishi e- Evolution Concept menggabungkan konsep, artificial intelligence (AI), yakni menambah performa pengemudi dan kendaraan, sistem triple motor 4WD, dual motor active yaw control (AYC), penggerak listrik torsi tinggi, karakteristik respons adaptif, dan coaching function .

“Mitsubishi e-Evolution Concept adalah SUV crossover bertenaga tinggi generasi baru, dan ini memungkinkan sekilas masa depan MMC. Untuk pengalaman berkendara yang lebih baik,” demikian disebut dalam keterangan pers MMC. Mitsubishi e-Evolution Concept menggabungkan teknologi Mitsubishi Motors dengan fleksibilitas SUV terbaik. Konsep ini menggabungkan ketangguhan SUV ala MMC dengan artificial intelligence . Unsur-unsur ini digabungkan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan para pengemudi dalam segala kondisi cuaca dan permukaan jalan.

Selain itu, dalam konsep ini diterapkan motor listrik bertegangan dan berkinerja tinggi dengan daya didukung sistem baterai berkapasitas tinggi untuk memberikan kinerja responsif dan kuat. Adapun sistem triple motor 4WD menggunakan satu motor untuk menggerakkan roda depan, dan sistem dual motor AYC yang menggabungkan dua motor belakang melalui unit AYC. Peranti ini dikendalikan secara elektronik. Teknologi ini akan memberikan kenyamanan pengemudi ketika melintasi jalan bebas hambatan atau jalan berkelok. Adapun sistem artificial intelligence yang dipakai dalam konsep terbaru ini berfungsi meningkatkan kemampuan pengemudi.

Array sensor memungkinkan sistem AI untuk langsung membaca perubahan kondisi jalan dan lalu lintas, serta keinginan pengemudi. Sementara coaching function memungkinkan sistem AI untuk membantu memandu pengemudi. Sistem ini membantu memberikan saran melalui dialog suara dan layar dasbor besar. Mitsubishi e-Evolution Concept akan menjadi salah satu dari 12 model Mitsu bishi yang akan dipamerkan di Tokyo Motor Show 2017 .

Model lain yang dipamerkan SUV coupe Eclipse Cross (model pasar Jepang), yang diluncurkan di Jepang untuk pertama kalinya awal tahun depan. Outlander PHEV dan model MMC terkemuka lain yang dijual di Jepang juga akan menjadi bagian dari pameran.

Wahyu sibarani