Edisi 12-10-2017
Ruang Keluarga Berjalan


RENAULT lagi-lagi membuat mobil konsep yang cantik. Setelah sebelumnya Renault TRezor menjadi mobil konsep paling indah, kini Renault membuat sebuah mobil konsep bernama Symbioz yang juga tak kalah indahnya.

Tidak hanya indah, Renault Symbioz memiliki konsep konektivitas yang sangat futuristik. Sebagai mobil masa depan, Renault menawarkan mobilitas yang bakal terhubung dan dapat berinteraksi dengan rumah, kota, dan infrastruktur. “Cara kita menggunakan mobil sudah berubah. Saat ini mobil lebih dari sekadar alat transportasi untuk menghubungkan kita dari satu tempat ke tempat lain. Penuh teknologi, ini menjadi ruang interaktif dan personal yang menghubungkan penumpang dengan mobil lain, serta dengan orang dan lingkungan di sekitar mereka,” kata VP Renault, Thierry Bollore, seperti dikutip Carscoops .

Menurut Bollore, Renault Symbioz Concept bakal didukung oleh motor all-electric yang terletak di poros belakang, dengan masing-masing motor menggerakkan satu roda. Dari segi daya yang dihasilkan, motor tersebut bisa menyemburkan 690 PS di putaran 500 rpm dan torsi 486 lb-ft. Dengan begitu, mobil ini bisa melesat di kecepatan tertinggi 100 km per jam, dan akselerasi dari 0-100 km per jam dalam waktu kurang dari 6 detik. Melalui sistem pengisian induktif, baterai berdaya 72 kwh dapat terisi dalam 20 menit dan dapat menempuh jarak lebih dari 500 kilometer.

Symbioz juga menyediakan pengisian baterai untuk penggunaan di rumah dengan menyediakan ruang tambahan/ruang modular. “Renault Symbioz adalah proyek unik yang memungkinkan kita bekerja sama dengan perencana, perancang, insinyur, dan arsitek. Tujuan kami adalah untuk mengeksplorasi batasbatas baru pengalaman pelanggan, teknologi , penggunaan energi dan har mo nisasi desain untuk membentuk pengalaman global yang benar-benar baru,” tambah Corporate Design Renault, Laurens van den Acker.

Menurut pabrikan mobil Prancis, untuk mengawali konsep tersebut, pihaknya berencana menguji mobil otonom listrik yang desainnya agak mirip dengan Symbioz, akhir tahun ini. Pengujian mobil yang menggunakan teknologi Multi-Sense, Easy Connect dan Easy Drive, akan menjadi bagian dari rencana jangka menengah Renault dalam mengembangkan Symbioz hingga 2023.

(wahyu sibarani)