Edisi 12-10-2017
Perindo Sleman Lengkapi Syarat Pendaftaran


SLEMAN – DPD Partai Perindo Sleman resmi telah mendaftar sebagai partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman, Senin (9/10) lalu.

Namun, masih ada syarat yang harus segera dilengkapi Perindo. Kekurangan kelengkapan itu diakui Ketua DPD Perindo Sleman Aswin Hudayan. “Ya, karena ada kekurangan, berkas dikembalikan untuk dilengkapi,” kata Aswin Hudayan di Kantor DPD Perindo Sleman, Rabu (11/10).

Kekurangan itu ditemukan setelah KPU setempat mengoreksi berkas pendaftaran yang masuk. KPU Sleman menengarai dokumen Partai Perindo kurang lengkap, terutama lampiran salinan KTP elektronik dan kartu tanda anggota (KTA).

Karena jumlahnya tidak sama dengan data yang ada di sistem informasi partai politik (Sipol) KPU. Menurut data Sipol KPU, tercatat ada 1087 keanggotaan, tapi yang diserahkan DPD Perindo Sleman hanya 838 salinan KTA dan KTP elektronik. Artinya, masih kurang 149 KTA.

Karena berbeda, KPU Sleman mengembalikan berkas itu ke DPD Perindo Sleman untuk diperbaiki. Komisioner Divisi Hukum KPU Sleman Imanda Yulianto mengatakan, untuk pendaftaran parpol ke KPU ini sebenarnya satu pintu di DPP. Untuk yang di daerah diserahkan hanya berkas dokumen persyaratan, seperti salinan KTA dan KTP elektronik.

Untuk penyerahan berkas dibuka mulai dari 3 hingga 16 Oktober mendatang. “Untuk dokumen Perindo Sleman, setelah diperiksa jumlah lampiran salinan KTA dan KTP elektronik tidak sama dengan di sipol. Karena tidak sama, kami kembalikan untuk dilengkapi,” katanya.

priyo setyawan