Edisi 13-10-2017
Perjalanan KRL Cikarang-Jakarta Belum Ditambah


JAKARTA - Jumlah perjalanan kereta rel listrik (KRL) commuter line lintas Cikarang-Jakarta Kota belum ditambah, padahal antusiasme masyarakat cukup tinggi.

Pengguna KRL Cikarang-Jakarta pada pengoperasian perdana mencapai 23.000 orang per hari. Jumlah ini jauh lebih banyak dibandingkan pembukaan perdana KRL Rangkas Bitung- Tanah Abang yang hanya 6.000 penumpang.

Sebanyak 32 perjalanan KRL Cikarang-Jakarta Kota tak mampu menampung penumpang yang membeludak. PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) belum berencana menambah perjalanan kereta lantaran lintas tersebut cukup padat.

”Pengaturan operasional KRL seperti persilangan dan penyusulan dengan kereta antarkota tidak dapat dihindari. Ini juga yang membuat perjalanan KRL Cikarang-Bekasi- Jakarta Kota belum ditambah secara signifikan,” ujar Direktur Utama PT KCI Muhammad Nurul Fadhilla kemarin.

Menurut dia, penentuan jumlah perjalanan KRL Cikarang- Jakarta Kota tidak lepas dari kondisi sarana-prasarana perkeretaapian di Jabodetabek dan sekitarnya. Jalur kereta antarkota dan commuter line belum bisa dipisahkan.

Akibatnya, KRL harus berjalan bergantian ataupun penyusulan dengan kereta antarkota. Solusinya, pemisahan jalur kereta antarkota dengan commuter line.

Saat ini pemerintah melalui Satuan Kerja Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan tengah mengerjakan pembangunan jalur kereta dwiganda (double double track).

Setelah pekerjaan ini selesai, akan ada pemisahan jalur antara commuter line dan kereta jarak jauh di lintas Bekasi- Manggarai. ”Selanjutnya, perjalanan KRL dapat dimaksimalkan untuk penambahan perjalanannya,” ucapnya.

Bagi pengguna KRL dari Stasiun Bekasi tidak perlu khawatir dengan pengoperasian kereta hingga Cikarang. KRL Cikarang tidak akan mengganggu atau mengubah jadwal perjalanan KRL Stasiun Bekasi.

Pengguna juga tidak perlu khawatir KRL akan sangat padat lantaran dari 162 perjalanan lintas Bekasi- Jakarta Kota ataupun sebaliknya hanya 16 perjalanan yang dilanjutkan ke Cikarang.

Vice President Corporate Communications PT KCI Eva Chairunissa mengatakan, jumlah penumpang KRL Cikarang- Jakarta Kota yang tembus 23.000 orang berdasarkan hasil penghitungan di empat stasiun baru, termasuk Cikarang.

”Ratarata di tiga stasiun, yakni Bekasi Timur, Tambun, dan Cibitung, sekitar 5.000 orang serta Cikarang 8.000 orang,” sebutnya. Melihat antusiasme masyarakat yang begitu tinggi, dia yakin target 1,2 juta penumpang KRL pada 2019 bisa tercapai.

yan yusuf