Edisi 13-10-2017
BTN Biayai Pembangunan Rumah 1.200 Karyawan Lion Group


JAKARTA PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menggandeng PT Lion Air dan PT Sarana Global Utama menghadirkan fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR) berskema syariah bagi 1.200 karyawan Lion Group di wilayah Batam.

Ke mi - traan tersebut sejalan dengan langkah BTN terus mendukung kesuksesan Pro gram Satu Juta Rumah sekali gus men dong - krak kredit dan pembiayaan perseroan di Batam. Managing Director Consu - mer Banking BTN Handayani mengatakan, pihaknya terus berupaya menggelar kemi tra - an dengan berbagai pihak un - tuk mendukung kesuksesan Program Satu Juta Rumah. Apa lagi, angka kebutuhan akan hunian di Indonesia ma - sih tinggi.

Selain itu, lanjutnya, tahun ini BTN mematok target pertumbuhan kredit yang berada di atas ratarata industri perbankan nasional. “Dengan kemitraan ini men jadi salah satu upaya kami untuk menggenjot pertum - buh an kredit terutama di wi - layah Batam dalam rangka mencapai target kredit kami. Penyaluran KPR yang meng - utamakan skema syariah ini juga dalam rangka mendukung peningkatan peran serta ke - uangan syariah untuk pe nye - dia an sumber dana pem ba - ngunan termasuk pem ba - ngun an perumahan,” tutur Han dayani, dalam acara “Pele - tak an Batu Pertama Pem ba - ngunan Perumahan Pekerja Lion Air Residence”, di Batam, Kamis (12/10).

Adapun pada tahap awal pembangunan perumahan ber nama Lion Air Residence tersebut akan dibangun 320 unit yang terdiri atas 110 unit rumah subsidi dengan harga per unit sekitar Rp130 juta dan 210 unit rumah nonsubsidi dengan harga per unit di atas Rp200 juta. “Perumahan dengan total luas lahan sekitar 3,7 hektare tersebut berlokasi di Kelurahan Batu Besar Kecamatan Nongsa Batam,” ujar Handayani, dalam siaran persnya, kemarin.

Handayani mengatakan, BTN juga bersinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan kemudahan pem biayaan perumahan bagi karyawan Lion Group, di an - taranya, pemberian bantuan uang muka bagi anggota BPJS Ketenagakerjaan untuk KPR Subsidi dan pemberian bunga ringan untuk KPR Nonsubsidi. “Kami juga berikan fasilitas KPR, baik berskema syariah maupun konvensional dengan uang muka 1%, margin atau bunga mulai 5%, jangka waktu pembiayaan hingga 20 tahun, dan angsuran fix selama jangka waktu pembiayaan,” tutur Handayani.

Menurut Handayani, pada tahap awal ini Bank BTN mem - bidik dapat menyalurkan KPR iB dan konvensional, baik ber - ske ma subsidi maupun non - sub sidi kepada karyawan Lion Group senilai sekitar Rp56 mi - liar. Ke depan, perseroan juga akan mengeksplorasi potensi pembiayaan konstruksi ke pa - da pengembang dan pem bia - yaan konsumer lainnya kepada karyawan Lion Group. Tidak hanya itu, lanjut Handayani, kami pun mengincar peng him - punan dana pihak ketiga baik ritel, korporasi, maupun payroll karyawan Lion Group.

“Ada banyak peluang yang dapat kami sinergikan dengan Lion Group terutama terkait peningkatan layanan. Pening - katan layanan tersebut di ha - rap kan bermanfaat bagi Lion Group dan berdampak positif bagi masyarakat secara ke se - luruhan,” ungkap Handayani. Sementara Direktur In ves - tasi BPJS Ketenagakerjaan Am ran Nasution mengatakan, ini adalah salah satu bentuk komitmen BPJS Ke te na ga - kerjaan untuk me nye jah te ra - kan pekerja dalam membantu mewujudkan keinginan me re - ka agar dapat memiliki hunian yang layak.

Rakhmat baihaqi