Edisi 13-10-2017
Perjalanan Penuh Pesona di Turin


JIKA Anda mengaku sebagai Italophile , orang yang menyukai semua hal tentang Italia, pergi ke negara ini merupakan suatu keharusan.

Salah satu bagian Italia yang bisa dieksplorasi yakni Turin, pusat budaya dan bisnis di sebelah utara Italia. Di sini Anda bisa berwisata kuliner khusus roti dan kue (pastry) . Menunya mulai ciambellina , donat, dan jenis roti lainnya. Anda bisa menikmati ciambellina di kafe Baratti & Milano, dengan barista yang mengenakan rompi terlihat mengobrol dengan signora . Sementara itu bar-bar di Italia, bahkan di stasiun kereta api, beroperasi dengan “menjual” nostalgia suasana klasik.

Di sini kopi biasanya hadir dengan dua bentuk, yakni espresso atau cappuccino. Ini memang sentuhan dari Amerika Serikat. Anda juga bisa berkunjung ke rumah emporium pembuat kopi Bialetti, untuk membeli pot kopi Moka yang menjadi ciri khasnya. Ada yang berwarna biru dan hijau. Dikutip CNN , saat Anda pergi ke kafe di Italia, Anda akan memerhatikan banyak orang yang memilih berjalan kaki, menaiki trem, atau sepeda.

Di Turin, Anda akan melihat jika warga di sini memang senang bertatap muka sambil mengobrol banyak hal, bahkan di era digital. Perjalanan ke Turin memang akan menjadi epik karena penuh dengan nostalgia. Meskipun baru pertama kali mengunjungi tempat ini, bukan berarti Anda tidak akan memiliki perasaan nostalgia. Anda bisa mengunjungi beberapa tempat yang alami dan seolaholah tengah kembali ke masa lalu dan kenangan Anda.

Kenikmatan sensoris Italia ada di mana-mana. Semua ini tentang hal-hal kecil, seperti mendengarkan lonceng gereja berpadu dan bernapas di antara bunga melati, yang memiliki aroma khas Italia. Tempat ini juga sempurna bagi yang melakukan perjalanan solo. Anda bisa merasakan denyut suatu tempat dengan begitu banyak momen pribadi. Seperti merasakah keramahan masyarakat lokal dan pemandangan yang begitu tenang.

Menemukan masa lalu

Turin juga adalah kota olahraga. Situs Olimpiade Musim Dingin 2006 di Turin dikelilingi oleh pegunungan dan dilintasi oleh trem dan pesepeda. Turin ditutupi oleh porticos , atau jalan setapak, jadi Anda bisa berjalan sesuka hati dan tidak perlu memedulikan masalah cuaca. Turin memainkan peran penting dalam Risorgimento atau penyatuan Italia, ketika Italia menjadi negara merdeka. Jadi, jangan lewatkan mengunjungi berbagai tempat bersejarah dengan menyewa sepeda. Ada banyak perubahan yang terjadi di Turin.

Salah satu pengaruh Amerika Serikat yang cukup besar, yakni hadirnya toko Foot Locker. Ini menjadi alasan banyaknya orang Italia di Turin yang memakai sepatu kets. Sementara itu, pemandangan untuk beberapa hal tidak pernah berubah, bahkan mungkin sama di seluruh penjuru dunia. Misalnya, penjual buku di luar ruangan yang dengan cermat menyiapkan barang dagangan mereka setiap pagi, menata banyak pilihan buku yang mungkin belum pernah Anda lihat.

Bukubuku seni dan risalah politik berbagai dekade muncul di samping paperbacks yang cukup murah. Anda bisa membacanya sembari berada di bawah porticos yang menawan. Sungguh menyenangkan.

Susi susanti