Edisi 13-10-2017
Siap Hadapi Penuaan


SEMBILAN dari 10 responden di Asia Pasifik peduli terhadap permasalahan kesehatan yang diakibatkan bertambahnya usia.

Indonesia menjadi negara dengan mayoritas respondennya (90%) setuju dengan penerapan gaya hidup sehat dapat membantu mereka tetap sehat dalam menghadapi bertambahnya usia. “Indonesia menjadi negara yang masyarakatnya paling optimistis dalam menghadapi pertambahan usia, disusul Filipina dan India. Mereka sangat yakin menghadapi penuaan dengan kondisi yang sehat dan bugar,” beber Chief Health and Nutrition Officer Herbalife Dr John Agwunobi dalam acara Herbalife Wellness Tour with Dr John Agwunobi yang diadakan Herbalife Indonesia, Selasa (10/10).

Survei yang bertajuk Asia Pacific Healthy Aging Survey ini melibatkan 6.000 responden berusia 40 tahun ke atas dari Australia, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Survei ini ditunjukkan guna memperoleh wawasan seputar permasalahan kesehatan terkait usia dan gaya hidup masyarakat di Asia Pasifik. Namun, sekitar 51% masyarakat Indonesia menyatakan, keterbatasan waktu sebagai penghalang utama menerapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Selain itu, 46% responden mengatakan enggan menerapkan gaya hidup sehat karena minimnya motivasi dan 33% responden beranggapan bahwa menerapkan gaya hidup sehat membutuhkan biaya yang tidak murah. “Kami senang melihat mayoritas masyarakat Indonesia optimistis dalam menghadapi pertambahan usia dan menyadari potensi masalah kesehatan yang disebabkan penuaan,” kata Andam Dewi, Country General Manager Herbalife Indonesia. Akan tetapi, hal ini dapat berdampak buruk jika tidak dikelola dengan baik.

Dia khawatir hal tersebut akan membuat masyarakat mengesampingkan pentingnya mengonsumsi nutrisi yang baik dan seimbang. “Ini merupakan bahan motivasi bagi kami untuk lebih keras mengampanyekan pentingnya asupan nutrisi dalam menghadapi pertambahan usia,” tutur Andam. Asia Pasifik merupakan wilayah dengan penuaan tercepat di dunia. Lebih dari 200 juta orang diperkirakan masuk ke kelompok usia 65 tahun dan lebih antara sekarang dan tahun 2030. Pada 2030, biaya pemeliharaan kesehatan yang berkaitan dengan penuaan juga akan dikenakan hingga USD20 triliun.

Menurut survei, masalah kesehatan terkait usia yang paling dikhawatirkan adalah kesehatan tulang/persendian, jantung, mata, dan otak. Ketika ditanya apakah mereka bisa mengambil langkah-langkah menuju penuaan yang sehat, delapan dari 10 responden setuju bahwa mereka bisa, di antaranya dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur, memilih nutrisi yang lebih baik, aktivitas yang mendorong secara mental, mengonsumsi suplemen kesehatan, dan memeriksakan kondisi kesehatan secara rutin.

“Kami percaya menggunakan pendekatan proaktif dapat membantu masyarakat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya asupan nutrisi yang baik, termasuk mengonsumsi nutrisi yang tepat. Selain itu, pemeriksaan kesehatan rutin dapat meningkatkan kesejahteraan pribadi mereka,” kata dr John yang merupakan mantan pejabat teras di Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat AS.

Sri noviarni