Edisi 14-11-2017
Gedung Parlemen Termegah di Dunia


Keberadaan parlemen sangat penting dalam sistem demokrasi sebuah negara. Vitalnya fungsi parlemen membuat banyak negara berusaha menjadikan ‘rumah rakyat’ ini berkualitas dan berfungsi dengan baik. Salah satu cara mencapai tujuan itu adalah dengan dibangunnya gedung parlemen representatif.

Berikut 10 gedung parlemen termegah di dunia.

1.Palace of Westminster, London, Inggris

Berlokasi di sepanjang Sungai Thames, Palace of Westminster menjadi bangunan bergaya art deco yang dikunjungi banyak wisatawan sepanjang tahun. Bangunan yang didirikan pada 1016 ini masih digunakan sebagai tempat pertemuan kenegaraan dan menjadi gedung parlemen Inggris.

2.Houses of Parliament, Cape Town, Afrika Selatan

Gedung parlemen Afrika Selatan ini terdiri dari tiga bangunan, yaitu bangunan asli yang dibangun sejak abad ke-19, bangunan kedua dibangun pada 1920-an, dan bangunan ketiga didirikan pada 1980-an.

3.The Capitol, Washington DC, Amerika Serikat

Terletak di Capitol Hill, istana ini masih digunakan untuk kongres pemerintah Amerika Serikat. Tercatat, konstruksi bangunan ini telah dibangun pada 1793 dan baru selesai pada tahun 1800.

4.The Secretariat Building, New Delhi, India

Dibangun pada tahun 1910 untuk berbagai kegiatan administrasi negara, gedung sekretariat di New Delhi, India ini ibarat sebuah istana. Bangunan yang indah ini memiliki area yang sangat luas dengan rumput hijau dan danau air mancur.

5.The Palace of Parliament, Bucharest, Rumania

Istana bagi pemerintahan Rumania ini memiliki struktur bangunan yang indah. Tak hanya itu, The Palace of Parliament yang dibangun pada 1984 juga didapuk sebagai gedung parlemen terbesar di dunia.

6.Binnenhof, The Hague, Belanda

Menjadi salah satu bangunan parlemen tertua di Eropa, sejak dibangun pada abad ke-13, Binnenhof masih digunakan hingga saat ini. Telah digunakan sejak 1584, Binnenhof bahkan kini memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai temapt pertemuan kedua majelis Belanda, serta menjadi kantor Perdana Menteri dan Departemen Urusan Umum.

7.Centre Block, Ottawa, Kanada

Berlokasi di Ottawa, Ontario, gedung parlemen yang dibangun pada 1916 ini menjadi pusat kegiatan pemerintahan Kanada. Bentuknya yang menawan membuat gedung parlemen ini kerap menjadi salah satu destinasi yang perlu dikunjungi saat berada di Kanada. Bangunan Peace Tower, yaitu menara jam besar yang berdiri di tengah-tengah bangunan menjadikan Centre Blok semakin menawan bagi orang yang melihatnya langsung.

8.The Reichstag, Berlin, Jerman

Sejak tahun 1999, Reichstag sudah digunakan sebagai tempat pertemuan Bundestag, yaitu badan konstitusional dan legislatif di Jerman. Reichstag awalnya dibuka para tahun 1894, dan dibangun dengan menyesuaikan kebudayaan dan ciri khas bangsa Jerman. Kubah kaca Reishstag menjadi atraksi wisata rekomendasi bagi wisatawan yang datang liburan ke Jerman.

9.The Hungaria Parliament, Hungaria

Selain menjadi simbol kedaulatan dan istana pemerintahan, bangunan ini juga menjadi landmark paling terkenal di Hungaria. Berlokasi di sisi timur Sungai Dabube di Pest, struktur bangunan istana ini selesai dibangun pada 1904 yang digunakan untuk aktivitas parlemen dan pemerintahan Hungaria. Sebagai informasi, parlemen Hongaria merupakan salah satu yang tertua di Eropa. Uniknya, The Hungaria Parliament merupakan bangunan tertinggi sekaligus terbesar di negara ini.

10.Beehive, Wellington, Selandia Baru

Menyerupai sarang lebah, pusat bagi kegiatan pemerintahan di Selandia Baru ini tampak unik. Tak heran jika banyak wisatawan yang menyempatkan datang ke Beehive untuk sekadar mengagumi keindahan bangunannya. Bangunan ini didirikan pada 1969.

Sejarah Gedung DPR/MPR/DPD

• Gedung DPR/MPR dibangun atas perintah Presiden Soekarno pada 8 Maret 1965. Semula ditujukan untuk penyelenggaraan Conference of the New Emerging Forces (Conefo).

• Pemancangan tiang pertama pada 19 April 1965. Namun pembangunan terhenti karena meletus peristiwa Gerakan 30 September 1965
• Pada 9 November 1966, Presiden Soeharto menginstruksikan melanjutkan proyek gedung Conefo namun peruntukannya akan menjadi gedung parlemen.

• Secara bertahap, pembangunan gedung selesai dan diserahkan kepada Sekretariat Jenderal DPR

1. Main Conference Building pada Maret 1968

2. Secretariat Building dan Gedung Balai Kesehatan (Maret 1978)

3. Auditorium Building (September 1982)

4. Banquet Building (Februari 1983)

• Pemberian nama gedung yang semua pakai bahasa Inggris kemudian diubah menggunakan bahasa Sansekerta: Grahatama, Lokawirabasha Tama, Pustakaloka, Grahakarana, dan Samania Sasanagraha.

• Beberapa waktu berselang, muncul usulan dari anggota DPR/MPR periode 1992-1997 untuk mengubah nama-nama gedung dan ruangan

• Gedung-gedung yang menggunakan bahasa Sansekerta akhirnya berubah

1. Grahatama menjadi Gedung Nusantara

2. Lokawirasabha Tama (Gedung Nusantara I)

3. Ganagraha (Gedung Nusantara II)

4. Lokawirasabha (Gedung Nusantara III)

5. Pustakaloka (Gedung Nusantara IV)

6. Grahakarana (Gedung Nusantara V)

7. Samania Sasanagraha (Gedung Sekretariat Jenderal DPR RI)

8. Mekanik Graha (Gedung Mekanik)

Pembagian Ruang

1.Gedung Nusantara

Gedung Nusantara DPR yang berbentuk kubah mirip kura-kura didirikan bersama gedung lain di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, pada 8 Maret 1965 di bawah pemerintahan Presiden Soekarno. Rancangan Soejoedi Wirjoatmodjo Dpl Ing ini ditetapkan dan disahkan Soekarno pada 22 Februari 1965. Di lantai terbawah Gedung Nusantara DPR terdapat ruang Komisi II, IV, dan VIII DPR. Juga terdapat ruang Pansus besar yang hingga kini masih dipergunakan rutin.

2.Gedung Nusantara I

Gedung Nusantara I DPR adalah ruang kerja atau kantor bagi anggota DPR. Di lantai 1 gedung nusantara DPR terdapat sejumlah ruang komisi antara lain Komisi VI, VII, IX, X, dan XI.

3.Gedung Nusantara II (ruang Banggar)

Gedung Nusantara II DPR terdiri dari 4 lantai dengan ruang rapat paripurna DPR di bagian puncaknya. Sementara di lantai 2, terdapat sejumlah ruang komisi, yakni Komisi III, Komisi VIII, Komisi I, dan ruang Banggar DPR yang baru.

4.Gedung Nusantara III (ruang pimpinan DPR)

Gedung Nusantara III DPR memiliki bentuk unik dan memiliki lobi sangat luas. Gedung Nusantara III DPR adalah tempat pimpinan DPR, DPD, dan MPR RI berkantor. Ada 5 pimpinan DPR, 5 pimpinan MPR, dan 3 pimpinan DPD RI. Ruang rapat pimpinan DPR di lantai 3 dan 4, ruang rapat pimpinan MPR di lantai 9, sementara pimpinan DPD RI di lantai 8.

5.Gedung Nusantara IV (Auditorium)

Gedung Nusantara IV DPR dikenal sebagai auditorium. Berukuran sangat luas layaknya aula dengan atap sangat tinggi, gedung Nusantara IV DPR sering dipakai untuk sejumlah acara kenegaraan Nusantara IV DPR juga kerap digunakan untuk acara silaturahim baik MPR, DPR, maupun DPD.

6.Gedung Nusantara V

Gedung Nusantara V DPR DPR adalah ruang rapat paripurna DPD RI. Gedung Nusantara V DPR berukuran hampir sama dengan ruang rapat paripurna DPR di Gedung Nusantara II DPR. Gedung ini dipakai rutin oleh DPD RI dalam rapat-rapat pengambilan keputusan.

7.KANTOR DPD

Atas amendemen Undang-Undang Dasar 1945 (UUD'45), dalam Kompleks DPR/MPR telah berdiri bangunan baru untuk kantor Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

KORAN SINDO/BOBBY FIRMANSYAH

Berita Lainnya...