Edisi 14-11-2017
ITS Surabaya Kembali Jadi Jawara Kontes Jembatan


SURABAYA – Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali jadi jawara dalam Kontes Jembatan Indonesia (KJI) dan Kontes Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) 2017 yang dilaksanakan di Politeknik Negeri Malang.

Pada gelaran tahunan ini, tim ITS berhasil menyabet kembali gelar juara umum untuk KBGI dan juara 1 untuk kategori Jembatan Canai serta juara Implementasi Desain kategori Jembatan Baja untuk KJI.

Pembimbing lomba KBGI Prof Sigit Darmawan menuturkan, ITS mampu memenangkan limadari enamkategori diKBGI, antara lain juara untuk kategori estetika terbaik, kategori kreativitas, kategori berkinerja seismik (ketahanan terhadap gempa), dan kategori metode pelaksanaan konstruksi.

“Kami juga berhasil menduduki peringkat 1 untuk KBGI ini. Dengan kemenangan lima kategori ini, ITS berhak menyandang sebagai juara umum KBGI,” ujar Sigit kemarin. Dia melanjutkan, untuk KJI ITS harus berpuas diri dengan memenangkan lima subkategori dari tujuh subkategori untuk Kategori Jembatan Canai.

Lima kategori yang berhasil diborong ITS adalah kategori metode pelaksanaan konstruksi, kategori K3 (kesehatan dan keselamatan kerja), kategori Implementasi desain, dan kategori jembatan terkokoh, serta peringkat 1 KJI. “Kami juga berhasil menjuarai subkategori Implementasi Desain untuk kategori Jembatan Baja,” katanya.

Dekan Fakultas Vokasi itu mengatakan, mempertahankan juara umum KBGI merupakan prestasi yang luar biasa sebab kemampuan peserta KBGI tahun ini hampir merata. Menurut Sigit, keberhasilan timnya membawa kembali piala bergilir KBGI ini juga berkat determinasi yang sangat kuat dari anggota tim.

aan haryono

Berita Lainnya...