Edisi 14-11-2017
BNI Genjot Sektor Pariwisata Kepulauan Seribu


JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) siap menggenjot sektor pariwisata dan leisure di Kepulauan Seribu. Pasalnya, Kepulauan Seribu mempunyai banyak potensi ekonomi di sektor pariwisata.

Pemimpin BNI Kantor Wilayah Jakarta Kota Ronny Venir mengatakan, perseroan siap mendukungpembangunansektor wisata di Kepulauan Seribu salah satunya dengan mulai menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp100 juta. “Ada potensi pariwisata di Kepulauan Seribu yang akan berkembang dengan orientasi turis internasional dan domestik.

Karena itu, penyaluran KUR untuk Kepulauan Seribu bisa lebih tinggi dimasadepan. Saat ini kami focus mengembangkan agen BNI 46 di Pulau Panggang dan Pramuka karena keterbatasan jaringan komunikasi,” ujar Ronny di Jakarta, kemarin.

Dia mengatakan, pihaknya telah mulai menyalurkan KUR bagi empat pengusaha UMKM di Kepulauan Seribu senilai total Rp100 juta. Usaha nasabah penerima KUR tersebut beragam mulai dari pedagang gadogado, bengkel sepeda motor, pedagang makanan/minuman, hingga pengusaha katering.

Sektor perdagangan masih mendominasi penyaluran kredit kecil BNI Wilayah Jakarta Kota. Sedangkan kredit segmen menengahnya bertumpu pada industri pengolahan. “Kami juga mengembangkan kredit ke sektor produktif seperti produk pertanian. Sektor lainnya yang kami kejar ialah konstruksi.

Pertumbuhan kredit wilayah Jakarta Kota tahun ini bisa tumbuh double digit,” katanya. Dia mengatakan, juga akan mengejar transaksi elektronik di Kepulauan Seribu dengan mengandalkan agen BNI 46 atau laku pandai. Saat ini terdapat 18 agen laku pandai yang bisa melayani setoran dan tarikan uang di Kepulauan Seribu. Tahun ini diperkirakan jumlah agen bisa bertambah menjadi 30 agen.

Direncanakan nasabah KUR tersebut juga akan diajak menjadi agen BNI 46. Keunggulan menjadi agen adalah fee yang didapatkan dari setiap transaksi. “Hal ini berarti akan ada peningkatan perekonomian masyarakat. Namun, jangkauan sinyal masih susah sehingga aktivitas agen lebih banyak dilakukan di Pulau Pramuka,” katanya.

Perseroan juga menandatangani nota kesepahaman antara Pemimpin Kantor Cabang Utama BNI Jakarta Kota dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dalam Penggunaan BNI Simpanan Pelajar (Simpel) sebagai rekening tabungan yang akan digunakan oleh lebih dari 5.000 siswa se-Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu untuk melakukan aktivitas menabungnya.

hafid fuad