Edisi 14-11-2017
Dovizioso Optimistis Tatap Musim 2018


VALENCIA - Gagal menjadi juara dunia MotoGP 2017 tampaknya tidak membuat Andrea Dovizioso putus asa.

Pembalap Ducati itu menyatakan akan kembali mencoba menantang Marc Marquez pada balapan musim depan. Performa Dovizioso terbilang sangat mengesankan sepanjang tahun ini.

Padahal, pada awalnya dia hanya bertugas membantu Jorge Lorenzo menjadi yang terbaik setelah didatangkan dengan bayaran 12 juta euro dari Yamaha. Sayang, rekannya itu belum bisa menunjukkan performa terbaik dan masih butuh adaptasi dengan tunggangan barunya.

Hasilnya, Lorenzo tak mampu meraih satu pun kemenangan dan hanya tiga kali naik podium. Dovizioso kemudian menjelma sebagai penyelamat Ducati. Sepanjang musim ini, rider asal Italia itu meraih enam kemenangan menyamai perolehan Marquez.

Dia berharap bisa mempertahankan penampilannya dan mencoba kembali meningkatkan kinerja motornya untuk bersaing dalam perebutan gelar juara dunia musim depan. “Di musim 2018 kami harus menang. Saya sangat yakin ini adalah awal kebangkitan.

Jika kompetitif tahun depan, kami bisa bersaing dalam kejuaraan. Tapi, ada banyak pembalap kuat dan bahkan rookie muda. Namun, saya tidak khawatir, kami akan memperbaiki kekurangan tahun ini,” kata Dovizioso, dilansir moto.it. Sementara itu, Manajer Ducati Luigi dall’Igna menyatakan bangga dengan pencapaian timnya musim ini.

Menurutnya, keberhasilan Dovizioso menjadi penantang serius dalam perebutan gelar juara dunia menjadi hal yang paling membanggakan. Dia mengaku tidak percaya bahwa timnya bisa berada dalam pertarungan sengit tersebut.

“Ini musim yang menyenangkan. Kami telah menggabungkan semuanya dan sudah mendekatinya. Itu sudah terjadi dalam lima balapan terakhir. Ini musim yang indah. Kami kuat dalam hasil dan secara teknis. Gelar juara memang tak di tangan. Tapi, secara keseluruhan kami puas,” ungkapnya.

Menghadapi musim 2018, Ducati memang harus kembali bekerja keras mempersiapkan motor bagi Dovizioso dan Lorenzo. Mereka akan kembali bersaing dengan Marquez yang meraih empat gelar juara dunia MotoGP dalam lima tahun terakhir.

Marquez pun langsung memprediksi Dovizioso dan pembalap satelit Yamaha akan menjadi lawan beratnya musim depan. Selain itu, pembalap asal Spanyol ini juga akan mewaspadai duo pembalap utama Yamaha Velentino Rossi dan Maverick Vinales yang diyakini akan tampil lebih baik tahun depan.

“Seperti yang telah kita lihat tahun ini, Anda harus memperhatikan semua pembalap dan Johann Zarco akan sangat cepat, Dovi dan tim Ducati. Kita akan melihat penampilan Yamaha juga. Tahun depan akan menjadi tahun yang berbeda. Tahun baru kami berharap bisa bersaing dalam kejuaraan dan bekerja keras selama pramusim,” ungkapnya.

raikhul amar