Edisi 14-11-2017
Kebangkitan Vettel


SAO POULO- Sebastian Vettel menjaga peluang mengakhiri musim sebagai runner- up Formula One (F1) 2017. Pada balapan GP Brasil di Sirkuit Autodromo Jose Carlos Pace dini hari kemarin, pembalap Ferrari itu sukses meraih podium pertama.

Vettel yang mengawali balapan dari grid kedua mengambil alih posisi terdepan setelah menyalip pembalap Mercedes Valtteri Bottas di tikungan pertama lap pertama. Setelah itu, dia berhasil mempertahankan tempatnya hingga akhir balapan.

Vettel berhasil menyentuh garis finis terdepan dalam tempo 1 jam 31 menit 26,262 detik. Catatan itu unggul 2,762 detik atas pembalap Bottas yang berada di posisi kedua. Pencapaian itu sekaligus membuat Vettel mengumpulkan 277 poin atau unggul 15 angka atas Bottas dalam memperebutkan posisi kedua klasemen akhir F1 di musim ini.

Bagi Vettel, kemenangan ini sangat berarti. Pasalnya, dia tak mampu meraih kemenangan dalam tujuh balapan secara beruntun dan hanya tiga kali naik podium sejak terakhir menang di Hungaria, Juli lalu. Bukan hanya itu, pencapaiannya ini sekaligus membawa Ferrari meraih kemenangan pertama di Brasil sejak terakhir pada 2008.

“Saya sangat senang untuk semua pihak di tim dan kembali ke rumah di Maranello. Mereka sudah bekerja keras. Sudah beberapa pekan kami mengalami kesulitan, tapi meraih bagus dalam balapan kali ini. Dua mobil bisa berada di podium,” kata Vettel, dilansir Crash.

Kemenangan ini membuat Vettel semakin percaya diri dan kembali bersemangat melanjutkan performa terbaik pada balapan terakhir yang akan berlangsung di Abu Dhabi, 26 November nanti. Dia merasa momentum itu bisa menjadi modal untuk dirinya dan tim dalam mempersiapkan diri untuk musim 2018.

Sementara itu, Bottas mengaku kecewa dengan hasil balapan tersebut. Mengawali balapan dari pole position, pembalap Finlandia itu tak mampu mempertahankan posisinya dari Vettel. Padahal, dia sangat percaya diri bisa mengakhiri balapan dengan kemenangan.

Sayang, ambisinya itu tak berhasil diwujudkan dengan sempurna. Meski begitu, Bottas tetap senang karena mampu memberikan timnya tambahan angka sehingga semakin mantap di puncak klasemen konstruktor dengan 625 poin. Pencapaian itu juga dibantu rekan setimnya, Lewis Hamilton, yang menduduki posisi keempat.

Juara dunia F1 2017 itu sebelumnya harus memulai balapan dari jalur pit stop. “Tujuan saya adalah menang. Jadi, ini sangat mengecewakan. Kami kehilangan sejak awal balapan dan sempat mencoba memberi tekanan kepada Vettel, tapi itu tidak terjadi.

Namun, Lewis Hamilton berhasil comeback dengan hebat untuk mencetak poin buat tim. Sekarang, Vettel punya cukup keunggulan sehingga akan terjadi keajaiban di Abu Dhabi,” paparnya.

raikhul amar