Edisi 14-11-2017
Tanpa Playmaker Andalan


SAINT PETERSBURG– Spanyol tidak bisa menurunkan kekuatan terbaik pada pertandingan persahabatan melawan Rusia, dini hari nanti.

Isco dipastikan urung hadir di Stadion Krestovskyi lantaran mengalami cedera paha kiri. Spanyol sukses meneruskan rekor kemenangan beruntunnya di semua kompetisi menjadi enam laga dengan menggilas Kosta Rika 5-0, Minggu (12/11). Namun, sukses pada partai uji coba itu harus dibayar mahal.

Isco menjadi tumbal akibat mendapat tekel dari Kendall Waston pada menit ke-64. Alhasil, playmakerReal Madrid itu harus menepi minimal dua pekan. “Tim medis tim nasional Spanyol telah memberi tahu kepada tim medis klubnya (Real Madrid).

Selanjutnya, mereka yang akan memeriksa dan melakukan perawatan terhadap Isco,”ujar Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), dilansir Football-Espana. Cederanya Isco tentu menjadi kabar buruk bagi Pelatih Spanyol Julen Lopetegui. Maklum, peran pemain berusia 25 tahun itu sangat vital di lini tengah.

Mantan pemain Malaga itu merupakan pengatur permainan La Furia Roja. Peran penting Isco terlihat jelas saat melawan Kosta Rika. Dia membuat alur permainan Spanyol mengalir yang turut mendukung terjadinya empat gol.

Karena itu, absennya sosok berpostur 176 cm tersebut saat meladeni Rusia sangat merugikan. Padahal, laga melawan Negeri Beruang Merah sangat krusial bagi Spanyol sebagai tolok ukur sebelum mengikuti Piala Dunia 2018. Pertandingan itu bisa memberi gambaran sejauh mana kesiapan pemain Negeri Matador menghadapi atmosfer di Rusia yang terkenal ekstrem.

Ini mengharuskan Lopetegui menyusun skema baru, khususnya di sektor tengah. Ada kemungkinan dia bakal mengandalkan lagi David Silva, Sergio Busquets, dan Andres Iniesta. Thiago juga bisa dijadikan alternatif. Untuk pertahanan, Lopetegui diyakini akan tetap memilih David de Gea sebagai kiper utama.

Dia nanti bakal dilindungi Gerard Pique dan Sergio Ramos. Sisi kiri akan dikawal Jordi Alba dan kanan diisi Dani Carlvajal. Lalu, untuk barisan penyerang, Alvaro Morata berpeluang besar kembali masuk starting line-up. Ternyata, absennya Isco tidak dianggap sebagai keuntungan bagi Rusia.

Itu diakui Vladislav Ignatyev. Gelandang Lokomotiv Moscow itu menilai Spanyol tetap berbahaya terlepas siapa pun pemain yang diturunkan. Menurutnya, tim tamu akan lebih menyulitkan dari Argentina.

Ignatyev menilai Rusia telah melakukan pekerjaan bagus kala jumpa Argentina saat uji coba di Olimpiyskiy Stadion Luzhniki, Sabtu (11/11), walau akhirnya kalah 0-1. Tapi, dia tidak yakin penampilan serupa bisa diulang saat melawan Spanyol. “Pertandingan melawan Spanyol akan sangat sulit.

Bahkan, jauh lebih sulit dibandingkan ketika menghadapi Argentina. Saya merasa sangat yakin dengan analisis ini,” ucap Ignatyev, dikutip sport.es. Tanpa sungkan Ignatyev menyebut kualitas Spanyol saat ini lebih tinggi dua level dari Argentina.

m mirza