Edisi 14-11-2017
Tekad Federer Lanjutkan Kemenangan


LONDON - Roger Federer mengincar kemenangan kedua saat tampil di ATP Finals 2017.

Petenis Swiss itu mengaku sudah siap mengeluarkan penampilan terbaik saat menghadapi Alexnader Zverev di The O2 Arena, dini hari nanti. Pada laga pertama, Federer berhasil menumbangkan petenis Amerika Serikat Jack Sock 6-4, 7-6 yang sekaligus membuatnya berada di puncak klasemen grup Boris Becker.

Kemenangan ini sekaligus menjadi penegasan jika dirinya serius mengincar gelar ketujuh di turnamen penutup musim tersebut. Federer, yang melewati ATP Finals musim lalu akibat cedera, sempat diragukan bisa tampil di ajang tersebut.

Memasuki musim 2017, dia tampil luar biasa meski sempat terganggu cedera di pertengahan musim. Petenis berusia 36 tahun itu sukses meraih tujuh gelar juara, termasuk Grand Slam Australia Terbuka. Federer memang belum memenangkan ATP Finals sejak 2011.

Tapi, seusai mengalahkan Sock, petenis peringkat 2 dunia ini mencatatkan kemenangan yang ke-11 secara beruntun. Pencapaian itu termasuk saat meraih dua gelar juara di Shanghai dan Basel. Karena itu, dia berharap bisa mempertahankan kemenangan beruntunnya itu untuk meraih gelar ATP Finals musim ini.

“Sungguh luar biasa bisa kembali, terutama setelah melewatkan musim lalu akibat cedera. Saya mengawali dengan baik, tapi pada akhirnya dia membantu saya melakukan sejumlah kesalahan. Saya benar-benar senang bisa melewatinya,” kata Federer.

Dengan absennya juara bertahan seperti Andy Murray, Novak Djokovic, dan Stan Wawrinka akibat cedera, Federer dan Rafael Nadal tanpa diragukan menjadi petenis yang difavoritkan tampil sebagai pemenang. Namun, peraih 18 gelar grand slam itu juga harus waspada terhadap Zverev yang akan menjadi lawan selanjutnya.

Pasalnya, Zverev juga tampil sangat baik di laga pertama setelah mengalahkan Marin Cilic (Kroasia) 6-4, 3-6, 6- 4. Apalagi, dia tengah berambisi untuk menjadi petenis Jerman pertama sebagai pemegang peringkat 3 besar akhir musim sejak Becker pada 1994.

Namun, dia menyadari lawan-lawannya di Turnamen ATP Finals sangat berat, termasuk menghadapi Federer. “Saya pikir siapa pun yang bisa mengalahkan Federer di grup ini memiliki peluang emas (untuk lolos ke semifinal).

Tentunya, dia petenis yang difavoritkan pada semua pertandingan yang dilakoninya. Tapi, saya menikmati bermain di lapangan besar dan di hadapan banyak penonton,” ujar Zverev.

abriandi