Edisi 14-11-2017
Jioni Dan Merek Ponsel Baru


Pertanyaan: Dengar-dengar sebentar lagi ada ponsel merek baru yang akan masuk ke Indonesia. Namanya Jioni.

Apakah Kak Herry sudah pernah mencobanya? Bagus atau tidak? Itu dari China ya? Selain Jioni, apakah ada ponsel merek lain lagi yang akan beredar resmi di Indonesia? Mengapa merek-merek baru itu mau masuk ke Indonesia? Padahal, di sini kan sudah ada Samsung dan Oppo yang sangat terkenal. Apakah mereka tidak takut kalah? Sony dan HTC yang terkenal saja sudah keluar dari Indonesia.

Yuyud, Jakarta Jawaban: Sepertinya yang Anda maksud adalah ponsel bermerek Gionee. Cara membacanya memang ji-o-ni. Benar, ponsel asal Tiongkok itu segera beredar resmi di Indonesia.

Semoga tidak batal lagi. Sebab, sekitar dua tahun lalu, Gionee sempat berencana masuk ke sini, tetapi kemudian tidak jadi. Bagustidaknya, saya tidak tahu karena belum pernah menjajal ponsel merek Gionee. Ponsel pintar (smartphone ) Philips direncanakan juga dijual resmi di sini. Ada tiga tipe yang perizinannya sudah beres, yaitu Philips S327, S329, dan X818.

Sebelumnya feature phone Philips diam-diam telah beredar lagi di Indonesia. Keberadaannya tidak terlalu diketahui pembeli maupun pedagang ponsel. Mengapa merek-merek baru mau masuk ke Indonesia? Sebab, Indonesia dianggap sebagai salah satu pasar potensial setelah Tiongkok dan India.

Apakah tidak takut kalah dengan Samsung dan Oppo? Kalau suatu produsen ponsel memutuskan masuk ke Indonesia, tentu mereka telah mempunyai perhitungan tersendiri. Tinggal kita lihat mereka mampu bersaing atau tidak deh .

Ya, meskipun tidak pernah menyatakannya secara terbuka, ponsel Sony dan HTC telah keluar dari pasar Indonesia. Ponsel Acer bernasib serupa. Penjualan yang kurang bagus, ditambah kendala memenuhi aturan tingkat komponen dalam negeri (TKDN), membuat mereka hengkang. Lini produk lain Sony dan Acer masih eksis di Indonesia, misalnya kamera digital Sony dan laptop Acer.

Kirimkan pertanyaan Anda seputar Gadget kepada Herry Setiadi Wibowo (HSW) di email sindo@hsw9900.com