Edisi 14-11-2017
Memotret Pernak-pernik Dokumentasi Perjalanan Wisata


MENJELANG akhir tahun umumnya identik dengan masa persiapan liburan. Sebagian dari kita tentu berencana mengisi liburan dengan berwisata, baik bersama teman-teman maupun keluarga.

Berwisata tentu tidak terlepas dari kegiatan memotret. Sebab, kita pastinya ingin mengabadikan keseruan perjalanan wisata di mana pun tujuan wisata yang kita kunjungi.

Selain mempersiapkan tiket, penginapan, peta, dan daftar lokasi yang dikunjungi, jangan lupa mempersiapkan kamera digital berkualitas tinggi yang siap mengabadikan momen berkesan serta keindahan tempat wisata yang akan dikunjungi dalam jepretan foto yang indah dan tajam.

Umumnya dalam perjalanan wisata, kita cenderung hanya memotret pemandangan atau bangunan khas tempat wisata tersebut dengan sudut lebar, tentu dilengkapi foto-foto kita berpose di depan pemandangan atau bangunan tersebut.

Banyak dari kita yang cenderung melewatkan detail pernakpernik yang sebenarnya tidak kalah menarik untuk diabadikan. Selain sebagai bidikan foto yang menarik, jepretan yang fokus pada pernak-pernik dan hal-hal kecil yang ditemukan dalam perjalanan wisata kita juga bisa menjadi foto pelengkap untuk menghias album foto perjalanan.

Untuk menghasilkan foto pernak-pernik yang menarik, gunakanlah komposisi tight framing agar pernak-pernik kecil yang kita bidik tidak terganggu objek lain di sekitarnya dan menjadi pusat perhatian (point of interest) foto bidikan kita.

Gunakan fungsi zoom pada kamera untuk mendapatkan komposisi tight cropping ini dengan lebih mudah, terutama jika kita tidak bisa membidik dari jarak yang terlalu dekat. Perhatikan komposisi warna dari bidikan kita, upayakan ada warna yang menonjol dalam komposisi bidikan kita.

Kreasikan berbagai sudut pengambilan yang menarik, jangan terpaku hanya pada sudut bidikan tegak lurus terhadap pernak-pernik yang kita bidik. Bagi pengguna kamera digital Canon yang dilengkapi vari-angle LCD yang dapat diputar, manfaatkan fitur tersebut untuk mendapatkan sudut dan perspektif pemotretan yang menarik.

Selamat mencoba! Oleh: Sintra Wong