Edisi 14-11-2017
Amphitheatre Siap Berikan Edukasi Lingkungan


DEPOK - Setu Pengasinan yang terletak di Sawangan Depok, Jawa Barat, bukan sekadar dilengkapi wahana wisata, juga ada sarana edukasi lingkungan.

Di situ ada sebuah amphitheatre besar yang dipersembahkan untuk warga Pengasinan dan sekitarnya. Melalui fasilitas tersebut, pengunjung dapat menikmati pengetahuan lingkungan dengan latar belakang pemandangan setu yang mengagumkan.

Heri Saefudin, penggagas amphitheatre, mengatakan fasilitas ini dibangun di atas lahan seluas 2.000 meter persegi dan mampu menampung 300 tempat duduk. Desainnya juga dibuat seperti tempat duduk melingkar sehingga pengunjung bisa menikmati edukasi lingkungan dan melihat pameran yang berkaitan dengan lingkungan.

“Para ibu dapat diajarkan bagaimana memanfaatkan limbah sampah dan nantinya dapat menjadi nilai ekonomis,” katanya. Heri mengatakan ingin membuat fasilitas yang dapat mengedukasi masyarakat, namun tetap dapat menampilkan suasana alam.

“Di sekitar teater dibangun mini forest . Rencananya mereka yang akan masuk ke amphitheatre dikenakan biaya yang nantinya akan digunakan untuk pemeliharaan fasilitas. Bagi warga yang tak mau bayar, tetap bisa menikmati itu, namun hanya di luar,” ujarnya.

Hingga saat ini kawasan konservasi Setu Pengasinan telah memiliki berbagai sarana dan fasilitas yang mendukung tempat wisata. “Ada jogging track , tempat bermain anak, dan ada bebek-bebekan. Masuknya gratis. Namun, jika ingin menikmati bebek-bebekan, baru bayar,” katanya.

Heri pun mengatakan tetap membuka tangan jika Pemkot Depok ingin bergabung membangun dan membesarkan Setu Pengasinan. “Kami terbuka untuk tetap melakukan diskusi karena tujuannya untuk kebersamaan,” tandasnya.

Rahmat, salah seorang warga, mengaku senang dengan adanya fasilitas ini. Dia pun bisa berwisata dengan harga terjangkau. “Di sini kan agak susah tempat wisata murah. Jadi, dengan adanya fasilitas seperti ini, ya saya senang banget,” katanya.

Sebagai warga Sawangan, Rahmat mengaku agak sulit mendapat hiburan. Sebelumnya, dia sangat menantikan kehadiran tempat wisata seperti ini. “Konsepnya sangat bagus. Sebelumnya belum ada yang seperti ini,” ungkapnya.

r ratna purnama