Edisi 14-11-2017
Wisata Murah untuk Kumpul Keluarga


DEPOK - Keberadaan ruang terbuka hijau di Depok memang sangat dinantikan. Warga memerlukan ruang umum untuk saling berinteraksi dan berkumpul tanpa perlu mengeluarkan biaya.

Saat ini Depok telah memiliki sejumlah taman sebagai ruang terbuka hijau. Salah satunya Lembah Mawar yang terletak di Jalan Mawar Perumnas I Pancoran Mas Depok. Taman ini diresmikan pada Desember 2016 oleh Wali Kota Depok Idris Abdul Shomad.

Taman seluas 13.200 meter persegi itu dilengkapi sejumlah fasilitas, antara lain, pepohonan dan tanaman bunga berwarna-warni. Taman dilengkapi dengan tempat bermain anak, jogging track, rumah bermain anak, danau buatan, tempat ibadah, sampai area parkir yang memadai.

Dengan adanya taman Lembah Mawar ini warga pun menjadi senang karena menikmati udara segar di ruang terbuka tersebut. Mereka juga bisa memanfaatkan taman ini untuk berkumpul dan melakukan aktivitas lainnya seperti berolahraga. Sarah, salah satu warga sekitar, mengatakan sangat senang dengan adanya Taman Lembah Mawar.

Selain dekat dengan rumahnya, keberadaan taman ini sebagai jawaban dari aspirasi warga yang berharap adanya ruang terbuka publik. “Jadi, kami enggak harus ke mal untuk mencari hiburan dan bermain. Di sini kan enggak bayar, bisa bawa anak-anak,” katanya.

Sarah mengaku merasa nyaman dengan keberadaan Taman Lembah Mawar. Selain untuk tempat bermain dan pembelajaran anak, taman itu juga bisa sebagai ajang arisan. Dia berharap taman yang sudah bagus ini tidak dirusak oleh pengunjung yang datang. “Senang ya ada taman di sini. Jadi, anak-anak bisa belajar sambil bermain.

Mudah-mudahan taman yang sudah bagus begini tidak dirusak oleh pengunjung yang iseng,” ucapnya. Bahkan, taman ini seharusnya bisa dimanfaatkan oleh sekolah-sekolah untuk belajar di luar kelas sehingga anak-anak tidak bosan belajar dalam kelas.

Dengan pembelajaran di luar kelas membuat anak merasa tidak bosan dan mendapatkan banyak hal baru. Anak-anak juga akan lebih mudah menerima pelajaran dan bisa sambil bermain di taman. “Lebih bagus lagi kalau di sini tersedia wastafel untuk mempermudah pengunjung membersihkan diri atau sekadar cuci tangan,” tuturnya.

Yang memanfaatkan keberadaan taman ini tak hanya warga sekitar. Warga dari Pondok Terong, Cipayung, pun banyak yang ke sini. Yeni salah satunya. Dia kerap membawa kedua anaknya bermain di sini saat liburan. “Biasanya bermain sepatu roda. Anak-anak pada senang di sini,” katanya.

Yeni mengetahui taman ini dari tetangganya yang lebih dulu ke sini. Dia pun penasaran dan datang ke sini untuk bermain. Dia mengaku senang karena taman di Depok semakin banyak. “Bagus banget ya. Walaupun rumah saya di Cipayung, anak-anak saya senang kalau saya ajak bermain ke sini.

Selain untuk penghijauan, taman ini jadi tempat bermain anakanak,” tuturnya. Dia pun berharap ada penambahan fasilitas tempat-tempat pembuangan sampah agar kebersihan taman bisa semakin terjaga. “Kalau lebih terjaga, kan lebih enak,” tandasnya.

r ratna purnama