Edisi 14-11-2017
Pemkot Surabaya Kebut Pelebaran Frontage Road


SURABAYA – Jalur pengurai kemacetan di Surabaya terus dikebut. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melanjutkan pelebaran Frontage Road (FR) di sisi barat Wonokromo dan membangun palang pintu kereta api (KA).

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menuturkan, pelebaran berikutnya akan dilakukan di Pasar Wonokromo. Sehingga ruas jalan bisa semakin lebar. Pihaknya juga akan menambah empat jalur termasuk jalur sepeda. “Kami tidak ingin proyek ini tidak selesai kemudian mangkrak.

Makanya saya bilang hari Senin untuk segera dimulai karena harinya baik,” ujar Risma, kemarin. Ia melanjutkan, pengerjaan palang pintu KA harus segera dimulai karena semua pihak sudah siap mengerjakan proyek yang dipersiapkan sejak dua tahunlalu.

Bahkan, pihaknya berharap kepada semua jajaran untuk segera memindahkan pos KA yang tak jauh dari wilayah tersebut. Alasannya, supaya akses jalan menjadi lancar dan palang pintu KA dapat segera dioperasikan. “Tidak ada kata lama kalau bekerja.

Dalam dua hari sudah selesai agar bisa difungsikan secara maksimal dan bisa dimanfaatkan oleh warga Surabaya,” jelas perempuan kelahiran Kediri itu. Wali Kota perempuan pertama di Kota Pahlawan itu juga mengapresiasi kerja PT KAI Surabaya yang telah membantu proses pembangunan palang pintu KA dan pembongkaran pos KAI hingga selesai.

“Nanti kalau sudah selesai akan diserahkan gedungnya untuk bisa dipasang reklame. Kedepannya juga akan dibangun taman dan pagar agar warga tidak melanggar,” ungkapnya.

Kepala DAOPS 8 PT KAI Dadan Rudiansyah mengatakan, pembangunan palang pintu kereta api yang dilakukan dengan Dishub Kota Surabaya dimaksudkan untuk memperlancar perjalanan KA, terlebih keamanan bagi pengguna kendaraan jalan raya.

aan haryono